Tanggul Jebol, Desa Banyutowo Dapat Bantuan Bronjong

0
99
Peletakan Batu Pertama pembangunan bronjong talud oleh Bupati Pati, Haryanto di Desa Banyutowo, Senin (13/6/2022
Peletakan Batu Pertama pembangunan bronjong talud oleh Bupati Pati, Haryanto di Desa Banyutowo, Senin (13/6/2022

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati menyerahkan bantuan bronjong talud penahan gelombang laut di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Senin (13/6/2022). Bantuan tersebut sebanyak 350 kotak bronjong dari BBWS Pemali Juana.

Dalam kesempatan itu dihadiri Bupati Pati, OPD terkait DKP, BPBD, Satpol PP, BBWS Pemali Juana, Forkopimcam Dukuhseti, serta Pemdes Banyutowo.

Camat Dukuhseti, Imam Rifai mengatakan bantuan bronjong talud itu semoga mampu menahan air pasang. Sebab, garis pantai berbatasan langsung dengan pemukiman penduduk masyarakat.

“Semoga apa yang diupayakan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan bronjong talud ini kuat menahan gelombang laut,” kata Imam Rifai.

Sementara Bupati Pati, Haryanto mengungkapkan penyerahan bronjong talud ini sebenarnya direncanakan akan diserahkan satu minggu lagi ke depan. Tetapi lantaran sudah darurat, prakiraan cuaca terdapat gelombang tinggi, maka bantuan secepatnya diberikan.

“Kita gak mau menunggu sampai lama. Karena melihat perkiraan BMKG minggu-minggu ini terjadi gelombang tinggi, tapi semoga tidak ada disini,” ujar Haryanto.

Akan tetapi, lanjut dia untuk saat ini sementara ditangani dengan penahan bronjong, karena sifatnya sudah emergency.

Pihaknya menjelaskan sementara waktu hanya menggunakan bronjong sebagai penahan gelombang laut. Namun, ke depan dimungkinkan akan ditambah lagi dengan pembangunan talud.

“Nantinya ditindaklanjuti tidak hanya bronjong, tetapi ditalud. Nanti bronjong ditambah dengan pondasi agar lebih kuat,” Haryanto menambahkan.

Bantuan bronjong talud ini merupakan bantuan pemerintah kepada Desa Banyutowo yang sebelumnya terdampak banjir rob. Waktu itu tanggul di Banyutowo rusak akibat diterjang kencangnya gelombang laut.