Masyarakat Terdampak Banjir Rob Terima Bantuan Paket Sembako

0
Bupati haryanto memberikan bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak banjir rob di wilayah Kecamatan Tayu
Bupati haryanto memberikan bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak banjir rob di wilayah Kecamatan Tayu

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati memberikan bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak banjir rob di wilayah Kecamatan Tayu dan Dukuhseti beberapa waktu lalu.

Masyarakat terdampak banjir rob itu terdiri dari Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Desa Tunggulsari, Sambiroto dan Margomulyo Kecamatan Tayu.

Pendistribusian bantuan itu dalam kegiatan Penyerahan Bantuan Korban Air Pasang dan Peletakan Batu Pertama Pembuatan Bronjong Talud Penahan Gelombang di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Senin (13/6/2022).

Masing-masing terdiri Desa Sambiroto 20 paket sembako, Tunggulsari 127 paket, Banyutowo 15 paket dan Desa Margomulyo sebanyak 27 paket.

Penyerahan bantuan sembako dari Pemkab Pati tersebut terkumpul dari Korpri Pati, Lazisnu dan Baznas yang selanjutnya diserahkan secara simbolis kepada tiga perwakilan masyarakat terdampak banjir rob. Selebihnya dibagikan oleh desa kepada warganya masing-masing.

Bupati Pati, Haryanto mengingatkan kepada masyarakat pesisir agar selalu waspada terhadap bencana alam. Ia juga berpesan untuk segera menyelamatkan diri lalu mengungsi.

“Saya pesan ketika ada gelombang tinggi segera menyelamatkan diri, jangan pikirkan yang lain, mengungsi. Karena yang penting selamat dulu karena beresiko berdekatan dengan pantai karena datangnya gelombang itu kadang gak disangka-sangka,” kata Bupati, Haryanto.

Dirinya menegaskan yang paling penting adalah kita harus benar-benar mengantisipasi sekaligus mencermati perkembangan cuaca tidak baik, lantaran laut adalah sumber pendapatan bagi nelayan.

“Kita doakan alam bersahabat, pendapatan melimpah ruah untuk menyukupi kehidupan sehari-hari juga agar bisa menabung,” paparnya.