Sempat Ditutup, Pasar Hewan di Pati Mulai Besok Dibuka Kembali

0
92
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santosa
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santosa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati mulai besok akan membuka kembali operasional pasar hewan. Setelah sebelumnya beberapa pasar hewan ditutup karena kasus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak.

“Sebelumnya pasar hewan ditutup selama dua minggu mulai tanggal 2 s/d 16 Juni 2022, besok hari Jumat mulai dibuka kembali,” kata Kepala Disdagperin, Hadi Santosa usai mengikuti kegiatan RAPI di Plaza Pragolo, Kamis (16/6/2022).

Langkah penutupan kebijakan penutupan sementara pasar hewan itu harus diambil untuk mengatasi penyebaran kasus PMK agar tidak semakin meluas dan merugikan banyak warga khususnya peternak.

Dirinya merinci ada empat pasar hewan yang ditutup pemerintah, di antaranya pasar hewan Margorejo, pasar Winong 2, sebagian pasar Wedarijaksa dan pasar hewan Tayu Kulon.

“Penutupan tersebut dikarenakan berdasarkan koordinasi kita dengan Dispertan terdapat kasus PMK di Kabupaten Pati,” jelas Hadi.

Menurutnya penutupan itu untuk melakukan pencegahan sekaligus memutus mata rantai penularan kasus PMK di Kabupaten Pati.

Sementara itu, dirinya tidak menjelaskan berapa kasus PMK di Pati sehingga dilakukan penutupan. Begitu juga dengan tidak digambarkan terkini yang mana sudah dilakukan pembukaan.

Apabila ke depannya kembali ditemukan kasus PMK, maka pasar hewan tersebut akan ditutup kembali. Di samping itu, kasus PMK di wilayah Kabupaten Pati sejauh ini belum terlalu berdampak pada stok daging menjelang Idul Adha ini.(adv)