Disdagperin Bakal Naikkan Retribusi bagi Pedagang Pasar

0
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santosa
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santosa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk mencapai target pendapatan daerah tahun anggaran 2023, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) selain bakal menarik retribusi bagi pelaku usaha di Plaza Pragolo, juga akan menaikkan tarif pedagang pasar.

Kepala Disdagperin, Hadi Santosa mengatakan untuk tahun ini pedagang pasar retribusinya belum dinaikkan. Ia menyebut masih mengkaji dan membahasnya bersama pimpinan daerah lantaran perlu persiapan yang matang yang kemungkinan berlaku tahun depan.

“Penerapan peningkatan retribusi ini belum ya, karena itu perlu pertimbangan dan pemikiran yang matang,” ujarnya kepada Samin News, Kamis (23/6/2022).

Berdasarkan target yang dibebankan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), katanya untuk tahun ini saja mencapai 7,5 miliar yang mana tahun sebelumnya hanya 6,5 miliar. Begitu pula untuk tahun anggaran 2023 apakah ada kenaikan lagi atau masih tetap.

Kendati demikian, meski ada kenaikan target yang ditetapkan itu, namun Disdagperin baru akan menaikkan tarif retribusi bagi pedagang pasar pada tahun berikutnya meski tak disebut berapa persen kenaikannya.

Kenaikan retribusi tersebut untuk pemakaian fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola.

“Sementara untuk sektor pasar kita targetnya juga ada peningkatan pendapatan retribusi itu dari pemakaian fasilitas seperti kios, los, pelataran parkiran dan persampahan atau kebersihan,” tutup Hadi.(adv)