Sarana Promosi IKM, Rumah Kreatif Pragolo akan Dibangun Mulai Minggu Depan

0
Sebelah kiri depan Gedung Plaza Pragolo Store Pati direncanakan bakal dibangun Rumah Kreatif untuk sarana promosi IKM
Sebelah kiri depan Gedung Plaza Pragolo Store Pati direncanakan bakal dibangun Rumah Kreatif untuk sarana promosi IKM

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santosa mengatakan Rumah Kreatif yang dibangun di Plaza Pragolo akan mulai dibangun minggu depan.

“Minggu depan pembangunan Rumah Kreatif sudah mulai dibangun,” ucap Kepala Disdagperin, Hadi Santosa, Kamis (23/6/2022).

Rumah Kreatif itu disiapkan Disdagperin untuk keperluan sarana promosi bagi UMKM dan IKM di Kabupaten Pati. Rumah Kreatif ini dikatakan semacam bangunan rumah mirip joglo yang rencananya terletak di sebelah kiri depan Pragolo.

Selain itu, kata dia nantinya Rumah Kreatif bisa multifungsi yang digunakan untuk keperluan take video mendemonstrasikan proses pembuatan produk dan bisa menjadi sarana edukasi IKM atau tempat kegiatan lainnya seperti layaknya sanggar.

Hadi membocorkan bahwa pembangunan Rumah Kreatif tersebut hanya cukup membutuhkan waktu pengerjaan fisik dan penataan ruang selama satu bulan. Setelah selesai dibangun, rencananya akan diresmikan saat even pameran IKM.

“Pembangunan Rumah Kreatif dalam jangka waktu sebulan selesai. Kemudian nanti akan diresmikan bersamaan dengan pameran produk-produk IKM wong Pati,” tambahnya.

Pembangunan Rumah Kreatif tersebut berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jateng tahun 2022 yang dianggarkan dengan pagu Rp200 juta.

Dana CSR dari Bank Jateng yang dikelola Disdagperin itu tak hanya untuk pembangunan Rumah Kreatif. Tetapi keseluruhan ada lima kegiatan. Di antaranya, Pasar Sembako Murah, Bantuan modal untuk IKM Pragolo, Pembangunan Rumah Kreatif, Pameran IKM dan Pembelian sembako untuk kaum dhuafa.(adv)