Sedekah Laut Bendar Dimeriahkan Festival Miniatur Kapal

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sedekah Laut Desa Bendar, Kecamatan Juwana pada Minggu 15 Mei 2022 dimeriahkan oleh Festival Miniatur Kapal. Sedikitnya terdapat delapan komunitas yang mengikuti acara Main Bareng (Mabar) dalam festival tersebut.

Lukman, anggota panitia Festival Mabar Miniatur Kapal mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bukan untuk lomba miniatur kapal. Melainkan acara dalam rangka memeriahkan pesta sedekah laut di Desa Bendar.

“Kita Mabar main bareng, bukan lomba tapi festival ikut memeriahkan pesta sedekah laut. Pesertanya terdiri dari Remote Control (RC) Tawang Comunity, RC Wonokerto, RC Krapyak Pekalongan, RC Rembang, RC Asemdoyong Brebes juga dari Batang,” katanya.

Lukman merinci jumlah kapal yang mengikuti festival Mabar miniatur kapal ini sedikitnya ada 60 kapal. Dimana mereka masing-masing komunitas diundang oleh panitia untuk ikut serta dalam rangkaian acara sedekah laut Desa Bendar.

Miniatur kapal yang ikut mabar pada kegiatan kali ini yaitu dengan jenis bervariasi. Dirinya menyebut jenisnya ada kursi enam, cakalan, ragan, dengan bahan triplek dan kayu.

“Sementara kapalnya memakai mesin elektrik, pemotong rumput juga mesin senso. Biaya pembuatan mulai Rp3 s/d Rp8 juta sampai tahap finishing,” jelas dia.

Seperti diketahui Sedekah Laut di Desa Bendar, Juwana tahun ini digelar secara cukup meriah. Pasalnya berbeda dengan dua tahun ini syukuran pesta laut ini hanya digelar secara sederhana dengan larungan sesaji.

Akan tetapi, pada sedekah laut kali ini dimeriahkan oleh beberapa hiburan mulai dari kesenian ketroprak, dangdut, reog, boli voli serta sepak bola.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Karnaval Sedekah Laut di Desa Bendar Juwana, Minggu (15/5/2022) Previous post Sedekah Laut Desa Bendar Dimeriahkan Karnaval dan Hiburan
Kapolres Jepara AKBP Warsono dan Ketua DPRD Haizul Ma'arif semalam bertemu dengan masyarakat Desa Muryolobo.(Foto:SN/dok-hp) Next post Perkelahian Pemuda Dua Desa di Jepara; Satu Tewas Disabet Senjata Tajam
Social profiles