Sedekah Laut Desa Bendar Dimeriahkan Karnaval dan Hiburan

Karnaval Sedekah Laut di Desa Bendar Juwana, Minggu (15/5/2022)

 

SAMIN-NEWS.com, PATI – Karnaval Sedekah Laut di Desa Bendar, Kecamatan Juwana digelar Minggu (15/5/2022). Dalam karnaval ini di arak seperti replika kapal, sejumlah kesenian hiburan seperti reog, dangdut, ketoprak hingga dimeriahkan juga dengan lomba replika kapal.

Berdasarkan pantauan di lapangan, acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Dan selesai acara larungan sekitar pukul 11.30 WIB.

Ketua Panitia Sedekah Laut Desa Bendar, H Ridwan Djamari mengatakan dulu kegiatan hanya berupa larungan sesaji ke laut.Tetapi kini sudah menyesuaikan perkembangan zaman yang dimeriahkan dengan hiburan seperti dangdut, ketoprak, barongan olahraga voli hingga sepakbola.

Sejumlah orang naik perahu untuk syukuran di laut
Sejumlah orang naik perahu untuk syukuran di laut

“Ini kan sebagai pendukung untuk memeriahkan sedekah laut yang selama dua tahun ini gak ada. Kemudian sesaji yang dilarung ke laut itu ada Pisang Rojo setangkep, Kepala Kambing, degan ijo juga kembang setaman,” katanya.

Dengan syukuran dalam bentuk sedekah laut ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME. Dan dia berharap Tuhan memberikan berkah kepada nelayan.

Pihaknya menjelaskan saat ini kondisi tangkapan nelayan setempat kurang begitu maksimal. Berdasarkan perhitungan yang dilakukannya yakni sebesar 30 persen nelayan bisa dikatakan berhasil, sementara sisanya dinilai kurang.

“Kami berharap setelah ada sedekah ini memperoleh kemurahan dari Allah diberi rezeki lebih banyak kepada para nelayan,” ujarnya.

Kades Bendar, Sutopo memaparkan bahwa acara sedekah Laut dilaksanakan setelah dua tahun sebelumnya absen karena dalam kondisi pandemi Covid-19. Meski saat ini secara aturan masih belum usai, tetapi sudah lebih landai.

“Sedekah Laut ini digelar dengan cumup meriah ada hiburan karnaval, beda dengan dua tahun sebelumnya ini yang hanya dilakukan secara sederhana melarung sesaji,” kata Kades Sutopo.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ilustrasi Previous post Pansel JPTP Jepara Dilaporkan Tidak Profesional
Next post Sedekah Laut Bendar Dimeriahkan Festival Miniatur Kapal
Social profiles