Wacana Demo Tuntut Cabut Pelarangan Takbir Keliling, di Depan Pendopo Sepi Tak Ada Massa

0
106

SAMIN-NEWS.com, PATI – Wacana demo penolakan pelarangan takbir keliling di Kabupaten Pati pada Rabu (20/4/22) tadi pagi, di depan Pendopo Kabupaten Bupati Pati terlihat sepi, tak ada massa. Di sisi lain pihak aparat gabungan sudah berjaga-jaga adanya aksi demo tersebut.

Puluhan aparat keamanan itu terdiri dari jajaran personel Kepolisian Pati dan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berjaga-jaga di depan Pendopo Kabupaten Pati.

Penjagaan aparat gabungan ini terkait dengan informasi yang beredar akan ada aksi demo menuntut mencabut peraturan pelarangan takbir keliling. Meski aksi ini hanya sebatas wacana, karena tidak ada perizinan kepada aparat keamanan.

“Mengantisipasi adanya informasi terkait demo menolak larangan takbir keliling. Wacana aksi demo tersebut belum benar keakuratannya, akan tetapi, kita semua disini bersiap jika memang aksi tersebut terjadi, ” ucap Kompol Sugino saat memimpin apel di halaman kantor Bupati, Rabu (20/4/22).

Menurutnya, jika benar terjadi aksi demo itu merupakan tindakan ilegal. Sebab, kata dia sejauh ini pihak kepolisian tidak menerima izin bahwa akan melakukan demo.

Kendati disebut ilegal, namun pihaknya tetap memberikan kesempatan jika jadi demo. Akan tetapi kesempatan menyampaikan aspirasinya di luar Pendopo dan setelah itu aparat akan mengambil tindakan.

”Jika masa demo datang, berikan waktu mereka berorasi dan menyampaikan pendapatnya di luar kantor Bupati. Tetapi jika masa memaksa masuk, kita baru ambil tindakan tegas, ” tegasnya.

Menurut informasi yang beredar, aksi demo itu akan dilaksanakan sekitar pukul 09.00. Hingga siang tak ada massa datang, lalu aparat kurang lebih pukul 11.30 membubarkan diri.