Lima Kegiatan Disdagperin dari Program CSR Bank Jateng

0
29
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), Hadi Santosa saat acara Sembako Murah di Plaza Pragolo, Selasa (26/4/2022)
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), Hadi Santosa saat acara Sembako Murah di Plaza Pragolo, Selasa (26/4/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati mengelola dana CSR dari Bank Jateng yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Pati lalu dikelola dinas sebesar Rp500 juta lebih. Dana tersebut dikelola ke dalam lima kegiatan.

Hadi Santosa selaku Kepala Disdagperin merinci CSR Bank Jateng yang dikelola ada lima item kegiatan, pertama bantuan modal usaha untuk paguyuban IKM Plaza Pragolo Rp40 juta yang beranggotakan 96 anggota IKM.

“Kedua pelaksanaan pasar sembako murah dengan dana Rp110 juta. Sasarannya adalah masyarakat kurang mampu dan sangat membutuhkan, sebanyak 5 ribu paket. Kami sebarkan ke desa-desa di kecamatan sekitar,” ujar Hadi, Selasa (26/4/2022).

Adapun satu paket sembako murah tersebut, ungkapnya terdiri dari beras, minyak goreng dan mie instan senilai Rp50 ribu. Yang mana dijual Rp30 ribu, pemerintah memberikan subsidi Rp20 ribu per paket.

Kegiatan ketiga, katanya pembangunan Rumah Kreatif senilai Rp200 juta. Rumah Kreatif ini yang bisa dipergunakan oleh pelaku UMKM dan IKM mendemonstrasikan proses pembuatan produk dan bisa menjadi sarana edukasi yang ditempatkan di sebelah kiri depan Pragolo.

Dia melanjutkan, kegiatan keempat yakni pameran produk hasil wong Pati sebesar Rp140 juta. Pameran produk hasil wong Pati ini direncanakan Disdagperin dilaksanakan nanti dalam rangka memperingati hari jadi Kabupatan Pati tahun 2022 ini.

“Kelima untuk pembelian barang kebutuhan pokok masyarakat pada pedagang pasar dan UMKM untuk kaum dhuafa sebesar Rp31 juta. Dengan total Rp511 juta sekian,” terang Hadi.

Dengan kegiatan-kegiatan semacam itu, diharapkan mampu berkontribusi terhadap peningkatan penjualan produk-produk IKM lokal. Di lain sisi, juga Plaza Pragolo yang menjadi pusat oleh-oleh produk Pati banyak dikunjungi masyarakat.(adv)