Kemenag Pati Optimis Calon Jemaah Haji Bisa Berangkat di Tahun Ini

Kasi PHU pada Kementerian Agama Kabupaten Pati, Abdul Hamid

SAMIN-NEWS.com, PATI – Imbas pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun ke belakang ini berpengaruh terhadap pemberangkatan ibadah haji. Tapi Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati optimis di tahun 2022 ini calon jemaah haji bisa berangkat.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Pati, Abdul Hamid menuturkan sudah kurun waktu dua tahun pemberangkatan jemaah ibadah haji tertunda. Masyarakat sudah sangat berharap supaya pemberangkatan ibadah haji untuk segera dilaksanakan.

“Melihat perkembangan di Arab Saudi, kami optimis tahun ini akan ada pemberangkatan haji,” katanya, kemarin.

Kendati dirinya meyakini tahun ini calon jemaah sudah bisa berangkat. Namun demikian, Hamid menyebut kuota jemaah haji ada perubahan dimana tidak sama seperti sebelum pandemi. Mengingat saat ini pemerintah kerajaan Arab Saudi juga belum menetapkan jumlah kuota.

“Tinggal dua setengah bulan. Sementara kouta dari pemerintah kerajaan Arab Saudi, itu belum di tetapkan. Sehingga kami belum bisa memastikan berapa jemaah yang akan kami berangkatkan,” terangnya.

Pihaknya mengaku kesulitan jika belum ada data terkait angka kouta bagi jemaah ibadah haji. Sebab pihaknya tidak dapat memastikan pelayanan yang akan diberikan kepada jemaah.

“Ketika kami tidak mempuyai angka berapa jumlah jemaah yang di berangkatkan, kami juga kesulitan menentukan booking hotelnya harus berapa banyak. Kemudian persiapan catringnya harus berapa banyak, transportasi harus seperti apa,” paparnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Berlangsung rapat audiensi DPRD Pati dengan Aliansi Petani dan Pemuda Peduli Lingkungan (APPL) Kecamatan Trangkil, Selasa (22/3/2022) Previous post DPRD Rapat Audiensi Wacana Pendirian Pabrik di Kecamatan Trangkil
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (dok Kemenpora) Next post Menpora Pastikan Indonesia Siap Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022
Social profiles