Menpora Pastikan Indonesia Siap Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (dok Kemenpora)

SAMIN-NEWS.com, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2022. Hal itu ia sampaikan setelah Presiden Joko Widodo setuju dan menyepakati Indonesia jadi tuan rumah perhelatan tersebut.

“Setelah kami sampaikan tentang kesiapan dan juga penunjukkan kepada Indonesia sebagai tuan rumah, dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Presiden, diputuskan kita siap dan bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games,” ujarnya dilansir Media Indonesia, Selasa (22/3/2022).

Zainudin mengatakan sebenarnya Indonesia tidak berencana untuk menggelar ajang olahraga tingkat regional tersebut. Tetapi alasannya adalah menurut dia berawal dari ditundanya pelaksanaan ASEAN Para Games 2019 yang semestinya diselengarakan Filipina.

Dari situ, ungkap Menpora tanggung jawab pelaksanaan kemudian dilimpahkan kepada Vietnam yang rencananya juga akan menjadi tuan rumah SEA Games 2022. Namun, ternyata Vietnam mengaku tidak sanggup, dan hanya mampu menghelat SEA Games saja.

“Sehingga diberikan kesempatan kepada negara-negara ASEAN lain untuk mengajukan diri dan kita menyampaikan kesiapan itu,” tutur Zainudin.

ASEAN Para Games 2022 rencananya akan diselenggarakan pada Juli mendatang di Jawa Tengah. Meskipun tidak memiliki banyak waktu untuk persiapan, Zainudin menegaskan bahwa Indonesia siap karena memiliki pengalaman serta infrastruktur pendukung.

“Walaupun ini sangat dekat, kita siap. Kita sudah pernah punya pengalaman menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2011,” ucapnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kasi PHU pada Kementerian Agama Kabupaten Pati, Abdul Hamid Previous post Kemenag Pati Optimis Calon Jemaah Haji Bisa Berangkat di Tahun Ini
Next post E-Koran Samin News Edisi 22 Maret 2022
Social profiles