Binda Kejar Cakupan Vaksinasi Anak Hingga Lansia

0
34
Binda kejar cakupan vaksinasi anak atau pelajar hingga kelompok rentan dan lansia

SAMIN-NEWS.com, Untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh secara komunal, Binda Jateng terus menggalakkan penyuntikan vaksinasi Covid-19 secara massal. Meski diketahui saat ini sudah melayani vaksinasi dosis ketiga atau booster, namun tetap melayani masyarakat bagi yang yang belum pernah melakukan vaksinasi.

Kepala Binda Jawa Tengah, Brigjen TNI Sondi Siswanto menyatakan dalam kesempatan kali ini, Binda menyediakan sebanyak 14 ribu dosis vaksin. Dosis tersebut diperuntukkan bagi anak usia 6-11 tahun dan masyarakat secara umum utamanya kelompok rentan hingga para lansia.

Untuk menyelesaikan penyuntikan sebanyak itu, dosis tersebut dikirimkan ke berbagai daerah di Jawa Tengah. Sebanyak 9 daerah yang menerima dosis vaksin dari Binda tersebut.

“9 daerah lokasi pelaksanaan vaksinasi meliputi, Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Temanggung, Sukoharjo, Tegal, Pekalongan, Kudus, Demak,dan Grobogan,” ucap Kabinda Sondi Siswanto.

Ia membeberkan jenis vaksin khusus anak usia 6-11 tahun menggunakan vaksin Sinovac. Ini merupakan karena yang telah mendapatkan rekomendasi perizinan dari BPOM. Sementara, bagi masyarakat umum tak melulu Sinovac.

Pemerintah melihat akhir-akhir ini menemukan tingginya tren penyebaran Covid-19. Bahkan, kata Sondi di antaranya varian baru jenis Omicron sudah masuk di Indonesia termasuk daerah di Jawa Tengah. Maka, yang perlu diingat dan diterapkan adalah menaati prokes.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan perjalanan internasional terlebih dahulu. Jika tidak mendesak lebih baik ditunda demi mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 dari luar negeri atau membawa virus dan menularkan kepada masyarakat di sekitarnya.

“Juga tetap membatasi aktivitas di luar rumah. Ini semua sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo mengenai langkah dan upaya pemerintah Indonesia menghadapi virus omicron atau Pandemi Covid-19,” papar Sondi.