Kasus Penyebaran Covid-19 Nasional Naik Dalam Sepekan

0
43
Penyebaran Covid-19 Nasional naik dalam sepekan ini (freepik)

SAMIN-NEWS.com, Kasus harian Covid-19 secara nasional naik dalam sepekan. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai ratas evaluasi PPKM secara daring, Senin (24/1/2022). Ia menyebut peningkatan kasus ini didominasi di wilayah Jawa-Bali.

“Dalam seminggu terakhir ini kasus harian terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang kami himpun, kasus di Jawa-Bali mendominasi kasus harian yang naik,” ujar Luhut.

Berdasarkan data yang dimilikinya juga, kasus penyebaran ini juga disebabkan pelaku perjalanan internasional. Namun, tercatat hanya 10 persen dari total kasus nasional.

Selebihnya, sebagian besar lainnya merupakan kasus transmisi lokal yang terjadi di dalam negeri. Kemudian disebutkan bersumber dari peningkatan pada wilayah wilayah Jabodetabek.

Untuk mengendalikan kasus nasional, ia berkaca dengan di Prancis yakni dengan menggunakan aplikasi aplikasi Covid Passes, mampu mendorong tingkat vaksinasi. Langkah ini mampu menekan angka kematian dan penyebarannya.

Di sisi lain, jika melihat dan membandingkannya maka Indonesia sudah menerapkan langkah serupa, yaitu melalui aplikasi PeduliLidungi. Serta pemerintah akan terus menggunakan, memasifkan, dan mengetatkan penggunaan aplikasi tersebut.

Selain itu, lanjut Luhut pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga akan mengumumkan toko-toko ataupun restoran dan mall yang tak memanfaatkan aplikasi ini.

“Jangan masuk itu karena itu akan ada risiko penularan. Ini saya kira untuk mendisiplinkan bangsa ini. Ini momentum bangsa ini untuk menjadi disiplin juga,” tandasnya.