Jembatan Gantung Girpasang Senilai 3,2 M Diresmikan

0
Jembatan Gantung Girpasang senilai 3,2 miliar diresmikan (dok. pu)

SAMIN-NEWS.com, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Jembatan Gantung Girpasang senilai 3,2 miliar di Tegalmulyo, Kabupaten Klaten pada Kamis (20/1/2022).

Jembatan Gantung Girpasang ini menghubungkan Dusun Beringin dengan Dusun Girpasang di kelurahan setempat. Sebelum dibangun jembatan ini, akses menuju ke dusun antar keduanya terisolir. Diresmikannya jembatan ini mampu menghemat waktu perjalanan. Dari semula sekitar 15-30 menit menjadi 5 menit.

“Jembatan Gantung Girpasang akan mempermudah dan memperpendek akses warga pedesaan,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dikutip laman PU, Sabtu (22/1/2022).

“Terutama dalam beraktivitas menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga,” imbuh Basuki.

Ia mengatakan Jembatan Gantung Girpasang dibangun sepanjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter. Paket pengerjaannya dikerjakan oleh PT Astadipati Duta Harindo dan Hantarmasa – Global KSO dengan nilai kontrak Rp3,2 miliar. Pembangunannya dilakukan pada Juli-Desember 2021.

Sementara itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani juga ikut hadir dalam peresmian ini. Puan menyebut jembatan gantung baru ini mampu menarik wisatawan lokal lantaran menjadi destinasi wisata baru.

Bahkan, menurut informasi yang diterimanya pada tiap akhir pekan wisatawan yang berkunjung ke sini mencapai 5 ribu orang. Maka, ia mengingatkan agar infrastruktur yang baru diresmikan ini dijaga dan diawasi kapasitas orang yang melintas demi keselamatan dan keamanan.

“Karena kapasitas jembatan ini sebanyak 50 orang, maka perlu pengawasan agar jumlah yang melintasi tidak melebihi kapasitas tersebut. Faktor keamanan harus diutamakan,” kata Puan.