Binda Jateng Vaksinasi Massal anak Usia 6-11 Tahun di Grobogan

0
68
Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah secara masif melakukan Vaksinasi Massal anak Usia 6-11 Tahun di Grobogan, Rabu (12/1/2022)

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, menyelenggarakan vaksinasi secara massal bagi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Grobogan, Rabu (12/1/2022). Vaksinasi tersebut digelar secara massal dan door to door bagi masyarakat umum.

Kabinda Jateng, Sondi Siswanto menyebut vaksin yang digunakan adalah pabrikan Sinovac yang telah mendapat izin BPOM bagi anak. Adapun kegiatan kali ini disentralkan di SDN 1 Putat, Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

Menurutnya, sekarang ini para orang tua memahami betul betapa pentingnya vaksinasi. Hal itu guna membentuk antibodi atau kekebalan tubuh terhadap penularan virus. Terlebih, saat ini juga vaksinasi diperlukan guna mendukung penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“Saat ini orang tua sudah sangat memahami pentingnya vaksinasi anak, terutama untuk membentengi putra putrinya dari penyebaran virus serta mendukung pembelajaran tatap muka,” terangnya.

Selain menggelar vaksinasi di Grobogan, lanjut Sondi, Binda Jateng hari ini juga melaksanakan aksi serupa total 6 (enam) daerah. Di antaranya, Grobogan, Kebumen, Wonosobo, Banjarnegara, Pekalongan dan Demak. Binda menargetkan 6.835 anak dan masyarakat tervaksin.

Oleh sebab itu, Binda Jateng melibatkan 295 nakes sebagai vaksinator. Itu tersebar di masing-masing daerah yang ditempatkan di sentra vaksinasi maupun yang door to door (jemput bola).

“Vaksinasi warga secara door to door selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin. Konsep ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin,” lanjutnya.

Sondi mengungkapkan vaksinasi ini merupakan upaya untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity sehingga masyarakat lebih terlindungi, terutama antisipasi varian mutasi baru dari virus covid-19 Omicron.

Untuk diketahui, hari ini Binda Jateng juga melaksanakan pencanangan awal untuk wilayah Jateng yang diencanakan di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang dan 3 kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Pekalongan.