Ma’ruf Amin Sebut Monumen Pahlawan Covid-19 Sebagai Pengingat Sejarah

0
35
Wapres RI Ma'ruf Amin meresmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat di Kota Bandung, Sabtu 4 Desember 2021, foto: humas Jabar

SAMIN-NEWS.com, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Monumen Pahlawan Covid-19 di Bandung, Sabtu (4/12/2021). Monumen Pahlawan Covid-19 disebut sebagai bentuk penghargaan bagi masyarakat yang meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19. Terutama bagi garda depan penanganan pandemi, seperti tenaga kesehatan.

Wapres Ma’ruf Amin, menyampaikan duka mendalam atas kepergian para tenaga kesehatan dan masyarakat akibat Covid-19. Selama hampir dua tahun ini, banyak sanak saudara kita berjuang bersama menghadapi pandemi.

“Selama dua tahun tersebut, kita telah kehilangan banyak saudara kita yang gugur dalam perjuangan dan pengorbanan,” ucap Wapres Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin menyatakan Monumen Pahlawan Covid-19 ini adalah tanda pengingat sejarah bahwa di Indonesia juga di dunia pernah mengalami krisis pandemi Covid-19. Semua pihak saling bahu berjuang melawan pandemi.

Lokasi Monumen Pahlawan Covid-19 di komplek Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, yang berada di seberang Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Kemudian setidaknya ada 281 nama-nama disitu. Mulai dari tenaga kesehatan (nakes), ASN, hingga relawan yang meninggal dunia saat bertugas menangani wabah corona virus.

Kemudian, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan peresmian Monumen Pahlawan Covid-19 tersebut untuk menghargai para petugas garda depan penanganan pandemi di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Pihaknya mengingatkan tidak akan pernah melupakan sejarah. Baik itu mengenai para garda depan yang gugur menghadapi pandemi, maupun mengingatkan kepada kita semua bahwa pernah menghadapi krisis begitu besar.

“Jadi itu satu pesan bahwa kami ‘Jas Merah’, tidak pernah sekali-kali meninggalkan sejarah,” kata Ridwan Kamil.​​​​​​