Wakil DPD RI: Tiga Pilar Bangkitkan Perekonomian Nasional

0
25
Wakil Ketua DPD RI Letnan Jendral TNI Purnawirawan Dr Nono Sampono, foto: Twitter @nonosampono

SAMIN-NEWS.com, Wabah pandemi Covid-19 menyebabkan sektor perekonomian nasional mengalami penurunan yang luar biasa. Di tengah kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM itu pelaku usaha tak jarang bernasib buruk, baik berpengaruh kepada perusahaan maupun omsetnya.

Akan tetapi, setelah pemerintah memberikan sejumlah kelonggaran perekonomian berangsur mulai pulih. Menurut Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono tren positif UMKM harus terus didorong untuk meningkatkan kualitas produknya.

Pihaknya menyatakan, pelaku UMKM harus memiliki kesadaran dan terus menerus memberikan edukasi dan peningkatan kapasitas baik SDM maupun kualitas produk yang di miliki. Sehingga, secara pelan dan pasti mampu bangkit.

Upaya mendorong perkembangan usaha ini tidak terlepas dari dari 3 (tiga) sektor yang wajib diperhatikan. Di samping itu, ada kolaborasi antara UMKM dengan pihak perbankan dalam kerjasama mendongkrak permodalan yang masih sulit.

“Kita memiliki tiga kekuatan pilar ekonomi kita, yang satu ekonomi berbasis pasar, yang kedua ekonomi syariah dan yang ketiga itu ekonomi kerakyatan,” ucapnya saat jejak pendapat dengan pelaku usaha pariwisata dan UMKM di Subang, Jumat (5/11/2021).

Kendati pemerintah telah memberikan stimulus bantuan permodalan, namun tidak semua UMKM menerimanya. Terlepas karena faktor-faktor tertentu yang mengakibatkan ada yang tidak memperoleh.

“Memang mereka mendapatkan bantuan ada juga yang tidak karena persyaratan-persyaratan yang membuat mereka terkendala, jadi kita turun tangan untuk memberikan modal kepada pelaku usaha,” imbuhnya.

Pihaknya berharap diseluruh sektor ekonomi demi kesejahteraan rakyat masih bisa berjalan baik dan pemulihan ekonomi di saat pandemi Covid-19 berangsur pulih kembali.