Indonesia Butuh Roadmap Pembangunan Antisipasi Kebencanaan

0
19
Anggota Komisi VII DPR RI Iskan Qolba Lubis, foto: dpr

SAMIN-NEWS.com, Anggota Komisi VII DPR RI Iskan Qolba Lubis mendorong negara Indonesia agar mempunyai peta jalan (roadmap) antisipasi bencana. Hal ini kaitannya dengan penyesuaian pembangunan di tanah air terhadap potensi kebencanaan yang terjadi.

Dengan penggunaan roadmap tersebut, maka bisa diantisipasi dan mitigasi sedini mungkin. Sebab, menurutnya di wilayah Indonesia potensi bencana sangat tinggi apalagi saat ini bulan November memasuki musim penghujan di sebagian wilayah.

“Indonesia harus punya desain pembangunan berlandaskan antisipasi bencana. Peta bencana sudah ada tinggal digunakan untuk membuat road map antisipasi dan penanggulangannya,” ujarnya saat webinar bertajuk Indonesia Siaga Bencana, Sabtu (6/11).

Dalam kesempatan yang sama, pihaknya juga menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat. Adalah terkait dengan pendidikan kebencanaan yang memadai sebagai antisipasi korban jiwa.

Selain itu, pihaknya mencoba sistem aturan baru mengenai perusahaan yang memicu kerusakan lingkungan akan diberikan sanksi. Perusahaan, kata dia harus menjamin para korban.

“Rinciannya yakni perusahaan yang membuat dampak bencana mesti membayar kerugian kepada masyarakat yang menjadi korban. Dengan begitu semua pihak akan lebih sadar akan penanggulangan bencana dan menjaga kelestarian lingkungan,” tegasnya.