Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pati di atas 50 Persen

0
70
Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pati lebih dari 50 persen

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati melaporkan hingga kini capaian vaksinasi di daerah lebih dari 50 persen. Setelah sebelumnya, hingga akhir bulan Oktober kemarin belum memenuhi target yang ditetapkan.

Kepala Dinkes Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM menyatakan capaian vaksinasi Covid-19 bisa berhasil lantaran respon masyarakat yang tinggi. Di masing-masing kecamatan melakukan penyuntikan vaksin.

“Untuk persentase capaian vaksinasi di Kabupaten Pati sendiri saat ini sudah mencapai 50,22 persen,” ungkapnya.

Kendati demikian, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pati masih berada di level 3. Sebab bukan hanya itu saja untuk transisi ke level 2, yakni sasaran vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia harus memenuhi target.

“Terdapat beberapa faktor dan indikator untuk bisa turun level PPKM menjadi level 2, diantaranya adalah capaian vaksinasi pada lansia harus mencapai target yaitu dengan persentase lebih dari 40 persen yang saat ini baru 33,47 persen,” jelasnya.

Hal tersebut disampaikan saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pati II dan Puskesmas Tayu II beberapa hari ini. Ia mengatakan saat itu di kedua puskesmas tersebut sedang menyuntikan vaksin kepada masyarakat.

Pihaknya merinci, kedua Puskesmas tersebut melaksanakan vaksinasi dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac. Sasaran vaksinasi pada Puskesmas Pati II sejumlah 250 dosis, sedangkan untuk Puskesmas Tayu II sekitar 400 dosis vaksin.