Semua yang Berada di Lokasi Kebakaran Dua Kelinci Saling Bahu Membahu

0
138
Senior Manajer PT Dua Kelinci Pati, Tofan Rudianto juga tampak sibuk mengecek lokasi upaya pemadaman api oleh regu pemadam (atas) dan para karyawati bagian kantor pun melakukan pengumpulan berkas dan arsip yang berhasil diselamatkan.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, DALAM musibah kebakaran yang menimpa Perusahaan Kacang PT Dua Kelinci, maka siapa pun yang berada dalam lokasi kawasan pabrik perusahaan itu saling bahu membahu untuk berupaya bisa segera memadamkan kobaran api tersebut. Mereka bukan hanya para karyawan yang saat musibah terjadi, memang saat berlangsungnya jam kerja sehingga ikut ambil dalam proses pemadaman api.

Sementara para anggota regu Unit Pemadam Kebakaran, tentu harus konsentrasi maksimal untuk bisa melaksanakan tugasnya. Tak ketinggalan, adalah jajaran dari kepolisian Polres Pati dan Polsek Margorejo, serta jajaran personel Satlantas yang juga terus berupaya maksimal, untuk mengendalikan dan mengatur arus lalu lintas agar jangan sampai terjadi kemacetan.

Sebab, lokasi perusahaan tersebut berada di pinggir jalan raya nasional Pati-Kudus, sehingga saat kepulan asap dan kobaran api berlangsung, banyak di antara mereka yang mengabadikan peristiwa tersebut lewat fasilitas hanphone miliknya. Karena itu, para petugas yang mengatur arus lalulintas pun harus bekerja maksimal, sehingga tidak sampai menimbulkan kemacetan meskipun terjadi ketersendatan.

Personel dari jajaran Polres Pati dan Polsek Margorejo saat harus memasukkan sabun cuci berbusa maksimal ke dalam tanki pemadam kebakaran (atas) dan karyawan perusahaan tengah mendorong alat pengangkut sabun tersebut menuju ke tanki pemadam (bawah).(Foto:SN/aed)

Di sisi lain, dari pantauan di lokasi kejadian, para petugas keamanan perusahaan juga ketat menjaga gerbang masuk ke perusahaan tersebut. Hanya lalu lalang mobil pemadam kebakaran yang mengambil air dari lokasi di luar hidran perusahaan yang boleh keluar masuk, sehingga orang-orang yang tidak berkepentingan dalam musibah itu tetap harus berada di luar pagar.

Sebab, upaya pemadaman api melibatkan banyak personel regu pemadam kebakaran sehingga unit mobil pemadam pun membutuhkan tempat untuk bermanuver, baik saat harus masuk setelah mengambil air, atau saat hendak keluar kembali mengambil air. Dengan demikian, untuk memenuhi kebutuhan tersebut tidak sampai mengalami keterlambatan atau terlalu lama menunggu, sehingga upaya regu pemadam kebakaran yang mengambil di beberap posisi tetap leluasa.

Suasana bahu membahu di antara orang-orang yang berada di lokasi kebakaran untuk memadamkan kobaran api.(Foto:SN/aed)

Berkat kegigihan semua personel yang harus ikut berupaya memadamkan api, maka kebakaran hebat yang terjadi di Perusahaan Kecang PT Dua Kelinci, berhasil diatasi dan api pun berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.00 tadi. Kendati asap masih kelihatan mengepul, tapi tahap akhir dari upaya pemadaman adalah pendinginan, sampai api benar-benar padam.