Presiden Joko Widodo Resmi Melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

0
8
Prosesi pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (17/11/2021), foto: sekretariat presiden

SAMIN-NEWS.com, Presiden Joko Widodo melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI yang baru. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa secara resmi menggantikan Panglima TNI sebelumnya yang dijabat Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pelantikan Jenderal Andika dilaksanakan di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/11/2021). Sebelum dilantik, Andika sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Pelantikan Jenderal Andika ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 106 TNI Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Secara resmi, Jenderal Andika menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang sudah purnatugas pada 8 November 2021.

Setelah pembacaan keputusan tersebut, Jokowi memimpin mengambil sumpah jabatan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai pemimpin yang baru.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Andika Perkasa mengikuti ucapan Presiden Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” imbuhnya.

Secara simbolis, pergantian pimpinan tinggi di tubuh TNI ini Presiden Jokowi menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa.

Sebelumnya, pengusulan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI diusulkan oleh Presiden. Kemudian oleh DPR dilakukan Fit and Proper Test lalu disetujui oleh Komisi I DPR RI.