Tim KKN IAIN Kudus Suguhkan Es Krim Berbahan Sayur

0
12

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tim KKN IAIN Kudus di Kecamatan Wedarijaksa menawarkan kreatifitas olahan es krim menggunakan bahan sayuran. Biasanya es krim menggunakan susu, namun kali ini beda dengan lazimnya.

Kreativitas yang ditawarkan tim KKN IAIN Kudus itu saat mengisi pelatihan di Desa Jetak dengan tajuk “Inovasi Pembuatan Ice Cream dari Sayuran”, Sabtu (2/10/2021).

Es krim sayuran ini merupakan solusi bagi orang tua yang anaknya tidak suka makan sayuran. Hal ini karena es krim merupakan makanan favorit semua orang.

“Inovasi es krim sayuran ini juga bisa menjadi peluang bisnis di era pandemi, karena memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh,” ungkap Matsna Zakiyyatus Salwa dari Tim KKN IAIN Kudus.

Es krim ini menggunakan bahan baku sayuran yang mudah didapat oleh masyarakat. Seperti bayam, kandungannya sangat bermanfaat bagi tubuh seseorang. Sebab kaya akan vitamin K, A, C dan E, vitamin B1, B2, B6 , Folat Zat besi, magnesium, mangan, kalium, dan kalsium.

Selain berbahan bayam, kata dia juga bisa menggunakan es krim berbahan wortel. Fungsinya sendiri tak diragukan lagi yang sangat baik untuk menjaga mata menjaga penglihatan seseorang.
Mereka juga memakai daun kelor sebagai bahan dasar es krim. Daun kelor mempunyai kandungan vitamin C yang setara dengan 7 kali vitamin C di buah jeruk. Selain itu jumlah potasium-nya 3 kali lipat dari buah pisang. Kandungan vitamin A, 4 kali dari wortel. Kemudian setara dengan 4 gelas kalsium susu. 2 kali protein yoghurt. Mengandung lemak dan protein. Serta mengandung karbohidrat dan kaya serat.

Es krim sayuran ini selain menjadi alternatif memakan sayur yang segar bercampur es layaknya es krim beneran. Juga menjadi kesempatan untuk dikembangkan yang akhirnya bernilai ekonomis.