Tiga Tantangan Dunia Menurut Menkeu Sri Mulyani

SAMIN-NEWS.com, Menteri Keuangan RI (Menkeu) Sri Mulyani membeberkan dunia termasuk Indonesia mempunyai tantangan baik untuk saat ini dan di masa depan. Tantangan itu berpengaruh besar terhadap sebuah negara di dunia.

Tantangan itu menurutnya ada tiga, yakni pandemi, perubahan iklim serta digitalisasi. Semua negara harus menyiapkan kebijakan untuk menghadapi ketiga tantangan tersebut. Apakah negara mampu menghadapinya menjadi pemenang atau justru sebaliknya kalah.

Hal tersebut ia sampaikan saat webinar Festival Transformasi Kementerian Keuangan, Selasa (19/10/2021). Menurutnya, tantangan tersebut menjadi tantangan besar yang punya konsekuensi terhadap dunia.

“Itu (ketiganya) akan memengaruhi dan menentukan sebuah negara apakah dia akan menjadi sebuah negara pecundang atau menjadi pemenang atau winner,” katanya.

Pasalnya, kata dia kejadian pandemi baik itu Covid-19 atau yang lainnya ke depan akan tetap ada. Namun demikian, itu menjadi perhatian dan kajian bersama sebagai dasar kebijakan di masa depan. Baik berkaitan dengan kebijakan ekonomi, kesehatan serta lainnya, sehingga negara sudah siap.

Kemudian, perubahan iklim berpengaruh pada roda perekonomian dunia. Pasalnya pembangunan harus didasari juga dengan aspek keberlangsungan serta ramah lingkungan. Oleh karena itu, semua negara turut andil kerjasama kolaborasi mengenai persoalan ini.

“Ini tantangan yang sangat pelik karena membutuhkan desain, policy, mengubah dari sisi kegiatan ekonomi dan masyarakat, entah investasi, konsumsi, yang lebih makin menyadari peranan untuk menjaga lingkungan dan mencegah pemburukan climate change,” ungkapnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Saudi Izinkan Pelaksanaan Umrah Asal Indonesia, Bulan Depan Diharap Bisa Berangkat
Next post Jokowi Terbang ke Kalimantan Utara Tanam Mangrove Hingga Tinjau Vaksinasi
Social profiles