Satgas Covid-19 Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 melalui Prokes dan Vaksinasi

0
9
Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Kepala BNPB, Ganip Warsito (kiri). foto: setkab

SAMIN-NEWS.com, Para pakar dan ahli memprediksi Indonesia rawan berpotensi adanya gelombang ketiga Covid-19.Tingginya penyebaran Covid-19 itu diperkirakan terjadi pada akhir tahun 2021 atau tepatnya di bulan Desember dan bulan Januari 2022.

Hal tersebut mengingat di waktu bersamaan terdapat hari Natal dan Tahun Baru (Nataru). Akibat libur pada dua momen tersebut, dikhawatirkan mobilitas masyarakat tidak bisa terkontrol, seperti liburan dan pulang kampung.

Menanggapi potensi ini, Ketua Satgas Covid-19, Ganip Warsito menegaskan untuk mengantisipasi terjadinya potensi gelombang ketiga Covid-19, ia meminta elemen masyarakat patuh menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Perkuat protokol kesehatan (juga) tracing, tracking dan treatmentnya. Kemudian perkuat (sasaran capaian) vaksinasi,” katanya.

Kedua poin tersebut prokes dan capaian vaksinasi, menurutnya bisa mampu mencegah lonjakan penyebaran Covid-19 di Nusantara. Belakangan ini, kasus penyebaran Covid-19 melandai, dan di antara penyebabnya adalah penerapan prokes ketat juga memperoleh imun dengan program vaksinasi.

Antisipasi gelombang ketiga Covid-19 ini oleh para ahli diperkirakan pada momentum Nataru. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada semua pihak mengantisipasi lonjakan tersebut.

“Kedua hal tersebut harus senantiasa dilaksanakan, demi mencegah ledakan kasus di akhir tahun sesuai prediksi para ahli,” pungkasnya.