Menteri BUMN Erick Thohir Dorong Transformasi PLN

0
21
Menteri BUMN, Erick Thohir (kiri) bersama sejumlah petani saat berkunjung di Lampung, foto: BUMN

SAMIN-NEWS.com, Dalam momentum peringatan Hari Listrik Nasional ke-76, Menteri BUMN, Erick Thohir mendorong peran Perusahaan Listrik Negara (PLN) bertransformasi serta melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Mendukung kemajuan Indonesia dengan membangun bisnis yang sesuai dengan core business, serta transformasi dan inovasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap Erick dikutip Instagram PLN, Rabu (27/10/2021).

Upaya transformasi dan inovasi PLN, kata Menteri Erick berdasarkan penyesuaian kebutuhan zaman sekarang ini. Dengan kata lain, melakukan kegiatan perusahaan dalam membangun bisnis, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada pengguna.

Transformasi ini adalah kaitannya usaha perusahaan dalam membangun energi bersih, energi ramah lingkungan serta yang dikenal dengan istilah ekonomi hijau Indonesia mampu tercapai.

Ia menambahkan, PLN senantiasa menyesuaikan dengan tren global dengan memperbaiki bisnis modelnya. Sehingga diharapkan PLN dapat meningkatkan daya saing, baik untuk tingkat domestik dan menjadi pemain global.

“Semoga industri dan kegiatan ketenagalistrikan kita dapat semakin inovatif dan berkontribusi lebih dalam memajukan serta menjawab kebutuhan negara dan masyarakat Indonesia,” harapnya.

Sementara berdasarkan data PLN, pendapatan yang dimilikinya mampu menunjukkan tren positif dari periode yang sama pada tahun sebelumnya, yakni Rp 195,47 triliun menjadi Rp 204,65 triliun atau naik setara 4 persen. Peningkatan ini sebab naiknya konsumsi listrik masyarakat secara nasional.