Kudus Sabet Gelar Juara I Lomba Dalang Remaja Se-Eks Karesidenan Pati

0
104
Dua peserta penampil terakhir dalam Lomba Dalang Redmaja Se-Karesidenan Pati, Rabu (27 Oktober) 2021 hari ini, di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pati, berfoto bersama dewan yuri dan Ketua PEPADI Kabupaten Pati, Farid Suhanto MPd.(Foto:SN/dok-tok)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satu di antara dua penampil terakhir nomor undi 08 dalam Lomba Dalang Remaja Se-Eks Karesidenan Pati, di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pati, Rabu (27/Oktober) 2021 hari ini, berhasil menyabet juara I dengan nilai 1040. Peserta yang bersangkutan tak lain, adalah Mohamad Bayu Kusuma (Kudus) nomor undi 08 membawakan lakon ”Kangsa Adu Jago.”

Sedangkan tiga penampil di hari terakhir, satu di antaranya Bayu Aji Prasetyo (Pati) nomor undi 09 yang seharusnya membawakan lakon ”Anoman Duta”,  ternyata mengundurkan diri. Dengan demikian di hari ketiga ini hanya tampil dua peserta, yaitu Muhammad Rifki Hakim (Pati) nomor undi 7 membawakan lakon ”Sawitri Setyawan,” dengan nilai 880 sebagai juara harapan III.

Hal tersebut dibenarkan Ketua PEPADI Kabupaten Pati, Farid Suhanto MPd yang sangat menyayangkan mundurnya penampil nomor undi 9, karena dibukanya peluang kepada yang bersangkutan menjadikan waktu pelaksanaan yang seharusnya cukup dua hari menjadi 3 hari, sejak Senin (25/Oktober) s/d 27 Oktober. ”Sebab, per harinya masing-masing tiga penampil, dan jika hanya dua hari masing-masing per hari sebanyak 4 penampil, karena jumlah peserta 8,”ujarnya.

Dalang remaja asal Kudus Mohamad Bayu Kusuma juara I Lomba Dalang Remaja Se-Eks Karesidenan Pati.(Foto:SN/aed)

Terlepas dari hal tersebut, lanjutnya, untuk hasil lengkap penilaian Dewan Yuri yang terdiri dari Dr Widodo BS SSn MSn, H Anom Sukatno SKar MHum dan Sunaryo SPd  menetapkan peserta nomor undi 3 dengan nilai 980 atas nama Salman Hilal Muharam (Pati) sebagai juara II dengan membakan lakon ”Gatotkaca Gugur.” Sedangkan peserta nomor undi 5 dengan nilai 940 atas nama Nahnu Alfa (Pati) dengan lakon ”Brubuh Ngalengka,” sebagai juara III.

Dewan yuri dalam menentukan para juara, adalah berdasar penilaian unsur catur, sabet, iringan dan penampilan juga menempatkan peserta lain sebagai juara harapan I, yaitu nomor undi 4 dengan nilai 930 atas nama Hamam Haidar (Pati) membakan lakon ”Dewaruci.” Adapun peserta nomor undi 6 atas nama Faishol Ali Zahroni (Jepara) dengan nilai 915 membakan lakon Arjuna Wiwaha, dan juara harapan III dengan nilai 880 nomor undi 7 adalah Muhammad Rifki hakim (Pati).

Dalam kesempatan sama, salah seorang yuri Lomba Dalang Anak, Ki Muharso menyampaikan pengumuman susulan untuk juara harapan. Dengan demikian hasil lengkap untuk kelompok anak Juara I Gandrung Swara Al Giffari (Pati), juara II Ageng Purwo Carito (Pati), dan Kevin Bisma Saputra (Rembang) juara III.

Untuk juara harapan I dalang anak, adalah Haliszh Yusuf Muhammad (Pati), II Vincent Collin Farlian (Pati), dan harapan III Wahyu Dhamma Dhara (Jepara),”imbuh Farid Suhanto.