Empat Fakta Unik Perhelatan PON XX Papua

0
13
Foto: Pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua, Jayapura, 2 Oktober 2021. (Tangkapan Layar Youtube Biro Pers Kepresidenan RI)

SAMIN-NEWS.com, Perhelatan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah resmi dibuka Presiden Joko Widodo beberapa hari ini. Euforia Pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX di Jayapura masih dapat kita rasakan hari ini.

Rangkaian pembukaan yang diselenggarakan pada 2 Oktober 2021 ini menampilkan pertunjukan seni, konser musik, pesta kembang api, serta penyalaan obor yang begitu megah. Bukan hanya kita, tak beranjaknya warga Papua di stadion Lukas Enembe mencerminkan antusiasme yang begitu besar terhadap pembukaan gelaran empat tahunan ini.

Pasalnya, meski ditunda selama satu tahun karena adanya pandemi, banyak fakta menarik yang mengundang kebanggan kita sebagai Bangsa Indonesia.

Ada beberapa fakta menarik pada PON XX Papua, berdasarkan infografis akun media sosial Instagram milik Kemenparekraf sedikitnya ada 4 fakta menarik, di antaranya yaitu diselenggarakan pada stadion termegah kedua di Indonesia.

“Stadion Lukas Enembe menjadi stadion termegah setelah Gelora Bung Karno (GBK). Standar kualitasnya membawa stadion ini masuk ke dalam nominasi stadion terbaik di dunia versi StadiumDB.com pada 2019,” bunyi kutipan tersebut.

Kedua, PON dengan cakupan lokasi terbanyak yang diselenggarakan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupatan Merauke.

Ketiga, membagikan 25 ribu Noken sebagai merchandise. Noken sendiri yaitu tas tradisional asli Papua yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO. Pendeta Noken sebagai merchandise membantu menggerakkan perekonomian kreatif Papua.

Keempat, tuan rumah mengirimkan delegasi terbanyak sejumlah 921 atlet serta 1300 official.

Fakta Unik PON di Bumi Cenderawasih itu menunjukkan pada kita semua bahwa Papua bisa berbicara lebih lewat penyelenggaraan PON dan mampu menggerakkan ekonomi kreatif di tengah masyarakat.