Progres Pekerjaan Pembangunan Pasar Kayen Capai 30 Persen

Lima kuda-kuda baja bentang 12 meter bagian los Pasar Kayen sisi selatan semuanya sudah terpasang dan juga 10 unit kios selesai pekerjaan temboknya.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pada awal pekan bulan ini (Oktober) paket pekerjaan pembangunan los Kayen dan tambahan 10 unit kios, mulai memasang kerangka atap dari konstruksi baja untuk los tersebut. Adapun saat ini untuk kuda-kuda yang terpasang di sisi selatan sebanyak lima unit dengan bentang 12 meter, ditambah 10 unit kios ukuran 2X3 meter juga sudah selesai terpasang dinding temboknya dari konstruksi batu merah.

Dengan demikian, dari sisi progres pelaksanaan pekerjaan oleh rekanan pemenang tender paket itu, papar salah seorang penanggung jawab pengelolaan pasar Dinas Perdagangan dan Perindistrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Widyo, progesnya sudah mencapai 30 persen. Sehingga dengan hari kalender pelaksanaan pekerjaan tersebut tidak sampai terjadi keterlambatan mengingat hari kalender baru akan berakhir pertengahan Desember mendatang.

Adapun status paket pekerjaan tersebut untuk pembiayaannya bukan bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati, melainkankan dari APBN Tahun 2021, sehingga dengan capaian progres sebesar itu pihak rekanan dinilai sudah bekerja sesuai standar. ”Salah satu contoh, adalah bahwa untuk konstruksi baja baik tiang dan kuda-kudanya, semua pabrikasinya dikerjakan di tempat atau lokasi pekerjaan,”ujarnya.

Penyambungan/pengelasan dan pembuatan konstruksi baja dilakukan di lokasi pekerjaan oleh para pekerja yang memang ahli di bidangnya.(Foto:SN/aed)

Berkait dengan ukuran konstruksi panjang los, lanjut Widyo, seluruhnya adalah 76 meter lebih, tapi untuk kap atau kuda-kuda dengan bentang 12 meter berjumlah lima unit. Sebab, satu unit kuda-kuda harus dipasang dekat dengan tembok bangunan lama , dan yang empat unit harus ditopang dengan 8 tiang disisi kiri dan kanan, serta 8 tiang digunakan menopang empat unit kuda-kuda bentang 5 meter.

Letak konstruksi tiang tersebut, tepat di belakang sudut tembok belakang bagian utara, dan dari titik itu masih terdapat 10 tiang di sisi kiri dan kanan. Konstruksi tiang tersebut untuk menopang lima unit kuda-kuda yang nantinya juga akan segera terpasang, karena baru dilakukan proses pembuatan sehingga masih harus menunggu beberapa waktu lagi.

Akan tetapi, jika pelaksanaan pekerjaan pemasangan tiang dan kuda-kuda benteng pendek ini berlangsung, maka pekerja yang lain juga bisa mulai melaksanakan pekerjaan untuk kerangka atap. ”Hal itu sudah dimulai pada atap bagian selatan yang bentang kuda-kudanya mencapai 12 meter,”imbuh Widyo.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Dalang Remaja R Aditya; Ambil Bagian dalam Program Ketoprak GSMS SD Negeri 02 Panggungroyom
Next post Empat Fakta Unik Perhelatan PON XX Papua
Social profiles