Desa Wisata Nglanggeran Dinobatkan Salah Satu Desa Penerima ADWI 2021

0
89
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengunjungi Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) foto: dok Kemenparekraf

SAMIN-NEWS.com, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menobatkan 7 Desa Wisata Mandiri Inspiratif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Salah satunya adalah Desa Wisata Nglanggeran.

Disebutkan bahwa lokasi Desa Wisata Nglanggeran termasuk dalam kawasan Geosite Gunung Sewu yang tergabung dalam UNESCO Global Geopark. Desa Wisata Nglanggeran merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi D.I Yogyakarta.

Di desa wisata ini, terdapat berbagai atraksi keindahan menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Wisata alam yang dapat dinikmati saat berkunjung ke sini adalah Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, Air Terjun Talang Purba, Kampung Pitu, serta Air Terjun Kedung Kandang.

Selain keindahan alamnya, pengunjung dapat mempelajari seni kebudayaan kebangaan masyarakat Nglanggeran seperti karawitan dan Reog Mataram. Usai menyaksikan beragam keindahan alam dan budaya, pengunjung dimanjakan dengan berbagai kuliner khas Nglanggeran mulai dari kudapan hingga makanan berat.

Berkat kerja keras pengelola dan masyarakat, pada 2017 Desa Wisata Nglanggeran dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN dengan konsep CBT (Community Based Tourism). Tahun ini pun, Desa Wisata Nglanggeran terpilih mewakili Indonesia pada Internasional Best Tourism Village yang digelar oleh Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO).

“Selamat Desa Wisata Nglanggeran menjadi Desa Wisata Mandiri Inspiratif-Desa Wisata Indonesia Bangkit. Sukses untuk menjadi wakil Indonesia di UNWTO Tourism Village Awards,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.