Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Datang dari Sektor Digital

0
17
Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi saat diskusi webinar Gambir Talks secara virtual, Selasa (12/10 /2021)

SAMIN-NEWS.com, Pemerintah mulai saat ini bakal menggarap transformasi akselerasi digital ekonomi. Karena dari sini lah salah satu sumber utama pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan akan berasal dari ekonomi digital.

Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi saat diskusi webinar Gambir Talks secara virtual, Selasa (12/10/2021). Ia mengatakan digital ekonomi bukan sebatas e-commerce, lebih dari itu yang mencakup dalam berbagai bidang kehidupan.

“Sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia bahkan di dunia yang akan datang adalah ekonomi digital. Hal ini tentu tidak hanya sebatas e-commerce saja tapi mencakup kegiatan ekonomi yang lebih luas seperti financial, travel, health dan lain-lain,” ujar Mendag.

Ekonomi digital, kata dia tak bisa dilepaskan dengan internet serta jumlah penduduk. Sementara melihat jumlah penduduk Indonesia saat ini, sangat besar. Di sisi lain lantaran Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang mencapai 197 juta pengguna.

Angka tersebut bisa lebih dari bertambahnya waktu. Bahkan, menurutnya angka ini juga diproyeksikan akan bertambah menjadi 250 juta orang pada tahun 2050. Di mana hal ini mampu mengorbitkan kekuatan dan digital Indonesia berada di atas dari negara asia.

“Selain itu diukur juga dari Gross Merchandise Value (GMV), potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar dan jauh melebihi negara lain di kawasan ASEAN,” ungkap Lutfi.