Potensi Kopi Pati Diklaim Mampu Tembus Pasar Mancanegara

0
26

SAMIN-NEWS.com, PATI – Wilayah Kabupaten Pati memiliki potensi sumber daya alam melimpah, baik pertanian, perkebunan, peternakan maupun hasil laut. Sumber daya ini didukung lantaran geografis terdiri dari lautan, pegunungan, kawasan dataran tinggi.

Salah satu potensi sumber daya yang bisa dikembangkan guna mendorong UMKM lokal ini adalah perkopian. Potensi kopi ini dinilai bisa menembus pasar mancanegara. Hal ini diungkapkan Kabid UMKM pada Dinkopumkm, Hendry Kristyanto.

“Terkait potensi umkm lokal itu termasuk pengolahan kopi. Potensi kopi di Pati luar biasa. Bahkan hitungannya bisa menembus pasar ekspor dengan kuantitas yang cukup besar,” ujar Kristyanto.

Kendati demikian, pihaknya mendorong agar para petani bersatu padu semacam pembentukan kelompok. Di mana hal ini, katanya akan sangat membantu usaha perkopian dibanding dengan usaha dilakukan secara individual.

Meski sudah ada kelompok tani kopi, akan tetapi menurutnya belum ada dukungan secara masif. Belum seperti yang diharapkan. Manajemen pengelolaan sumber daya yang belum maksimal.

“Akan tetapi, hal ini perlu dukungan kelompok petani kopi bersatu dlm mendukung upaya ini. Namun saat ini belum masif dukungan kelompok kopi. Sementara masih dilakukan secara personal,” jelasnya.

“Ke depan bakal kita coba untuk memfasilitasi ini, baik sosialisasi edukasi kepada masyarakat,” pungkas Kristyanto.