Melalui Program Makmur, Produktivitas Petani Naik 30 Persen

0
12
Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga meninjau Program Makmur di Lampung.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Menteri BUMN, Erick Thohir meluncurkan program “Makmur” dari PT Pupuk Indonesia (Persero) sejak Agustus lalu diharapkan mampu mendongkrak produktivitas pertanian, sehingga berdampak positif pada kesejahteraan petani.

Berkaitan dengan itu, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan program Makmur yang diluncurkan oleh BUMN ini akan mendorong pertumbuhan produktivitas sekaligus memudahkan para petani.

“lewat program ini bibitnya dicarikan, pupuknya diberi, ada pelatihannya, ada bimbingannya dan nanti akan dicarikan juga pembeli dan offtaker-nya,” kata Arya saat meninjau Program Makmur budidaya singkong di Desa Lempuyang Bandar, Kecamatan Way Pengubuan, Lampung Tengah, Sabtu (11/9/2021).

Kemudian, katanya para petani memperoleh pendanaan serta mendapat pupuk yang berkualitas. Sehingga, tanaman petani akan menghasilkan produk yang melimpah. Bahkan, menurutnya produktivitasnya bisa naik 20 hingga 30 persen.

Namun demikian, dengan meningkatnya produktivitas pertanian tersebut, perlu dibarengi dengan harga produk pertanian yang layak. Sehingga, perekonomian petani sejahtera.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan ke depan program Makmur BUMN bersama PT Pupuk Indonesia mampu mewujudkan target capaian empat juta hektar. Jika target ini tercapai, maka petani naik kelas pendapatan mereka juga memadai.