Melalui BBI-BWI, Kemendag Dorong UMKM dan Wisata Sulawesi Naik

SAMIN-NEWS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI mendukung upaya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar naik kelas hingga go internasional. Terkini, Kemendag mengkampenyakan potensi dari daerah Sulawesi dengan gerakan #PelangiSulawesi.

Untuk mewujudkannya, Kemendag mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI).

Menteri Perdagangan, Muhammad Luthfi mengajak kepada kementerian terkait, pemerintah daerah serta masyarakat luas untuk mendukung gerakan ini. Ia berniat mengangkat UMKM maupun wisata, terlebih potensi di Sulawesi.

“Gerakan ini merupakan upaya memperluas cakupan pasar dan meningkatkan kualitas, serta daya saing produk artisan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Sulawesi,” ujarnya dikutip CNNIndonesia, Selasa (14/9/2021).

Dukungan itu, Kemendag akan mewujudkan dalam bentuk membangun sentra kuliner dan cendera mata atau semacam pusat oleh-oleh di Likupang, Sulawesi Utara.

Menurutnya, Sulawesi merupakan satu di antara daerah yang mempunyai nilai sejarah berkait dengan jalur perdagangan tanah air, bahkan sampai mancanegara negara saat itu berebut masuk. Sebab, di Sulawesi mempunyai potensi yang luar biasa.

“Semangat dan kegigihan berdagang masyarakat Bugis (Sulawesi) inilah yang patut kita tiru dan menjadi inspirasi,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Angkur untuk Dermaga Kolam Tambat Kapal Mulai Ditanam
Next post 1.808.040 Dosis Vaksin Sinovac Tiba Bandara Soetta
Social profiles