Angkur untuk Dermaga Kolam Tambat Kapal Mulai Ditanam

0
24
Penanaman ”sheet pile” untuk angkur tambat kapal di dermaga tambat kawasan Pulau Seprapat Juwana.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pihak rekanan pemenang tender paket pekerjaan dermaga kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Juwana, kini mulai melaksanakan pekerjaan pemasangan angkur dari material ”sheet pile.” Konstruksi itu disebut juga sebaga SLP-Anchor yang juga menjadi bagian penting untuk menjamin ketahanan karet fender.

Karena itu, angkur fungsinya jelas digunakan untuk membaut fender agar dapat menempel dengan aman. Adapun untuk pemasangannya, kini diambil pada bagian titik tengah panjang dermaga tambat kapal yang panjang seluruhnya mencapai hampir 700 meter sehingga untuk pelaksanaan berikutnya setelah satu angkur dari ”sheet pile” terpasang adalah menuju ke selatan.

Hal tersebut, papar salah seorang pelaksana lapangan dari rekanan yang bersangkutan, Muhammad Kholiq, karena di lokasi tersebut yang ke utara tengah berlangsung lanjutan pekerjaan pembuatan cetak sementara beton (begisting). ”Sebenarnya, pelaksanaan pekjerjaan tersebut berlokasi berdekatan dan bersamaan juga tidak ada masalah, tapi biasanya pekerja yang di bawahnya merasa takut, dan khawatir adalah wajar,” ujarnya.

Proses tahapan pemasangan konstruksi angkur untuk kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Juwana.

Dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut, lanjutnya, selain dikendalikan operator alat berat pemancangan meterial ”sheet pile,” juga ada tiga pemandu untuk mengatur posisi tegak lurusnya ”sheet pile” didril masuk pada kedalaman. Sedangkan panjang meterial tersebut mencapai 12 meter dengan lebar satu meter, dan jumlahnya menyesuaikan kebutuhan.

Sebab, jarak pemasangan angkur satu dan lainnya rata-rata adalah 10 meter sehingga jumlah seluruhnya tinggal membagi panjang dermaga seluruhnya. Di sisi lain, penempat jarak ”sheet pile” dengan dermaga adalah berdasarkan perhitungan maksimal. Yakni, dari as lebar dermaga lebar 4,25 meter sampai pada titik penanaman ”sheet pile” di sebalah kirinya adalah 5 meter.

Mengacu pengalaman pelaksanaan pekerjaan tahap-tahap tahun sebelumnya, yaitu untuk penanaman ”sheet pile” tiap satu batang mulai dari persiapan hingga dril pada kedalaman juga tidak terlalu. ”Berdasarkan kondisi tersebut, maka sebelum pengecoran lantai dermaga tuntas maka penanaman ”sheet pile” untuk angkur juga sudah bisa terselesaikan, tinggal finishingnya,” imbuh M Kholik.