HMPS Matematika IAIN Kudus Gelar Sigma yang ke-IV

0
10

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Mahasiswa jurusan Matematika IAIN Kudus menggelar Silaturrahim Generasi Matematika (Sigma) yang ke-IV yang dilaksanakan secara daring selama dua hari pada 18 s/d 19 September 2021. Sigma merupakan agenda tiap tahun oleh internal HMPS Tadris Matematika IAIN Kudus.

Ketua panitia kegiatan, Nurin Afifatul Luqyana mengatakan Sigma yang ke-IV pada tahun 2021 ini mengusung tema “Eratkan Silaturrahim Jaga Persatuan dalam Keberagaman”. Meski dilakukan secara virtual, namun acara tetap penuh khidmat oleh para peserta.

“Kegiatan Sigma agenda tahunan ini dilaksanakan untuk menjalin silaturrahim mahasiswa Tadris Matematika mulai angkatan pertama hingga saat ini,” ujar Nurin.

Ia menjelaskan kegiatan Sigma diisi berbagai materi, di antaranya adalah materi Ke-Matematika-an, Public Speaking, MathTalk, IGTC, dan Ke-HMPS TM-an.

Sementara salah satu narasumber sekaligus dosen Matematika, Dina Fakhriyana menyatakan yang dihadapi adalah bagaimana mengubah mindset yang berkembang. Hal itu berkaitan dengan pemahaman bahwa pelajaran matematika adalah suatu hal yang sulit.

Menurutnya, mindset tersebut harus diubah melalui pembelajaran dengan menciptakan suasana yang atraktif. Timbal balik mahasiswa dan pendidik harus tercipta di dalamnya.

“Kita harus bisa menciptakan suasana belajar yang menarik sehingga peserta didik menjadi suka terhadap pelajaran yang kita ampu,” katanya.

Sebagai informasi, Sigma kali ini membentuk konsep MathTalk (Mathematics Talkshow) yaitu sebuah acara talkshow yang menghadirkan mahasiswa-mahasiswa Tadris Matematika yang berprestasi dan berhasil mendapatkan beasiswa. Acara ini diikuti oleh semua mahasiswa jurusan Matematika, dan utamanya para mahasiswa baru.

Di samping itu, Ketua Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus, Arghob Khofya Haqiqi, dalam sambutannya berharap agar mahasiswa Tadris Matematika dapat berprestasi dengan karya-karyanya.

“Tidak hanya kuliah saja, tetapi mahasiswa Tadris Matematika juga harus bisa berorganisasi maupun mengikuti kegiatan-kegiatan masyarakat, serta mengikuti kompetisi-kompetisi,” ungkapnya.