Diprediksi Pandemi Selesai Lima Tahun, Menkes Minta Masyarakat Terbiasa Hidup dengan Covid-19

0
13
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin prediksi pandemi paling cepat berakhir lima tahun. Foto: dok. BNPB

SAMIN-NEWS.com, Pandemi Covid-19 yang sudah melanda setahun lebih ini diprediksi baru bisa selesai lima tahun ke depan dari sekarang. Hal ini diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konpers vaksinasi dosis kedua bagi media, di Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Dengan prediksi Covid-19 yang berakhir hingga tahunan itu, ia mengajak masyarakat untuk belajar membiasakan hidup dengan Covid-19. Artinya, termasuk penerapan protokol kesehatan.

Ia mengaku, berdasarkan pengetahuannya belum ada pengendalian pandemi bisa selesai dalam waktu singkat. Membutuhkan tahunan lima tahun bahkan sedianya hingga mencapai sepuluh tahun.

Melihat akhir prediksi Covid-19 yang lama ini, pemerintah berupaya serius untuk menemukan formula pengendalian Covid-19. Berbagai upaya dilakukan, seperti prokes ketat, akselerasi vaksinasi bagi masyarakat.

“Pemerintah akan terus mencari solusi guna mengendalikan pandemi. Juga memaksimalkan segala upaya agar program vaksinasi dosis lengkap diterima seluruh masyarakat,” terang Menkes dikutip Kompas.com.

Ia menambahkan, masyarakat yang telah menjalani vaksin bukan berarti tidak ada resiko. Pasalnya, mengaca seperti kasus di Negara Israel dan Amerika Serikat potensi gelombang penyebaran Covid-19 bisa terjadi, yang meskipun masyarakatnya telah menerima vaksin.