Dinkopumkm Fasilitasi Pelaku UMKM melalui Pelatihan Kewirausahaan

0
31

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kabupaten Pati mendorong capacity building atau pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul bagi pelaku UMKM lokal. Dengan begitu, pelaku UMKM akan mampu mengelola manajemennya yang secara tepat.

Pengembangan kapasitas oleh Dinkopumkm itu melalui peningkatan pemahaman dan pengetahuan usaha mikro dengan kompetensi “Pelatihan Kewirausahaan” yang berlangsung selama 3 hari, mulai 15 s/d 17 September 2021, di Hotel New Merdeka.

Kepala Dinkopumkm, Wahyu Setyawati, mengatakan pengembangan pelaku UMKM, baik pengetahuan hingga kompetensi sangat penting dalam menunjang usahanya. Adapun pelatihan kewirausahaan ini diikuti sebanyak 30 peserta.

“Materi yang diberikan pelatihan ini misalnya ada motivasi bisnis, teknik negosiasi, branding, manajemen keuangan, manajemen prosuksi dsb,” ujar Wahyu kepada Samin News, Kamis (16/9/2021).

Dengan memahami beberapa poin utama menjalankan usahanya tersebut, diharapkan manajemen bisnis dan teknik closing mampu menopang keberhasilan utamanya dari segi pemasaran.

Sementara itu, Kabid UMKM, Hendry Kristyanto menambahkan bahwa Pelatihan Kewirausahaan ini guna memberikan pengetahuan terutama bagaimana mengelola manajemen UMKM. Dimulai dari pemasaran hingga tata kelola keuangan.

“Kemudian manjemen pemasaran, manjemen keuangan, Etika bisnis, pokoknya Lengkap, tetapi kalau pengolahan tidak termasuk,” kata Kristyanto.