Covid-19 Melandai, Indonesia Harapkan Perizinan Umrah

0
10
Menlu Retno Marsudi
Menlu Retno Marsudi berharap perkembangan Covid-19 Indonesia semakin membaik menjadi pertimbangan otoriras Saudi mengizinkan jemaah Indonesia umrah. Foto, dok Kemlu

SAMIN-NEWS.com, Seiring data kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia yang menunjukkan penurunan, pemerintah Indonesia berharap meninjau lagi kebijakan Arab Saudi terkait penyelenggaraan umrah bagi tanah air.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat bertemu Menlu Arab Saudi Faisal Bin Farhan Al-Saud di New York, Amerika Serikat pada Rabu (22/9/2021). Ia meminta agar kondisi ini bisa menjadi pertimbangan pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan umrah bagi warga Indonesia.

“Kiranya data tersebut digunakan otoriras Arab Saudi saat meninjau kembali kebijakan vaksin, umrah dan lainnya,” kata Menlu Retno seperti dilansir Kompascom.

Pemerintah Indonesia mengupayakan berbagai strategi untuk mengendalikan Covid-19, di antaranya adalah vaksinasi. Mengaca pada perkembangan kasus, bisa dilihat ada perubahan yang mendasar dalam pengendalian Covid-19 di Indonesia.

Ia menjelaskan dalam skema pengambilan kebijakan otoriras negara berdasarkan pada daftar penggunaan darurat (Emergency Use Listing) dari WHO sebagai acuan pertimbangan pengambilan kebijakan.

Jika, komunikasi dua negara ini menghasilkan kesepakatan, maka tinggal menunggu kesiapan calon jemaah berangkat ke tanah suci Mekah menjalani ibadah umrah. Di samping itu, pemerintah Indonesia juga menjamin ketersediaan dosis vaksin dan memastikan prioritas vaksinasi Covid-19 bagi calon jemaah telah.