Pramuka Diminta Jokowi Jadi Pelopor Kedisiplinan Menerapkan Protokol Kesehatan

0
22
Jokowi mengajak anggota pramuka menjadi pelopor kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan. (Istimewa/Samin News)

SAMIN-NEWS.com – Anggota Pramuka Indonesia diminta Joko Widodo menjadi pelopor kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, untuk mempercepat pembentukan herd immunity agar ikut serta membantu menggiatkan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Jokowi saat memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke-60 di Istana Kepresidenan Bogor, yang ditayangkan virtual, Sabtu (14/8/2021) pagi tadi.

“Pramuka Indonesia harus menjadi pelopor kedisiplinan, terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,” kata Jokowi.

Anggota Pramuka jangan ragu untuk mengingatkan kepada temannya terkait penerapan prokes maupun vaksin. Oleh karena itu, harus diingatkan, diberikan edukasi untuk disiplin menerapkan prokes. Dan atau temannya yang di atas 12 tahun, tapi belum vaksin maka segera diajak untuk segera ikut vaksinasi.

Jokowi berpesan bahwa di era sekarang ini pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi sangat urgent. Dengan ilmu serta teknologi Pramuka akan menjadi lebih bermakna.

Pihaknya mengungkapkan belajar bisa dilakukan di mana saja, tidak mengenal waktu juga belajar bisa dengan siapa saja. Maka, dengan kedisiplinan anggota Pramuka, hal ini menjadi modal untuk meraih cita-cita bangsa dengan selalu menyesuaikan perkembangan zaman, lalu belajar ilmu pengetahuan dan teknologi.

Meski demikian, bangsa Indonesia mempunyai jatidiri karakter juga simbol negara yang harus dirawat oleh generasi penerus. Indonesia mempunyai kekayaan alam dengan terdiri dari berbagai pulau yang menjadikan kekuatan bangsa ini.

“Untuk tidak melupakan identitas bangsa, selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila, serta merawat kebhinekaan Indonesia,” imbuh Jokowi.