Penambahan Fasilitas Kios dan Los Pasar Kayen Mulai Dikerjakan

0
35
Pekerja tengah memasukkan pancang pertama pada salah satu titik untuk tiang los fasilitas Pasar Kayen (atas) dan penyambungan memasukkan pancang kedua (bawah).

SAMIN-NEWS.com, PATI –  Penambahan fasilitas untuk para pedagang Pasar Kayen berupa kios dan los, kini tengah dikerjakan oleh rekanan pemenang tender paket pekerjaan tersebut, asal Pati. Persiapan dan pelaksanaan pekerjaan tersebut kini sudah mulai berlangsung selama 120 hari kalender, sehinggga November mendatang paket pekerjaan tersebut harus tuntas.

Alokasi anggaran untuk keperluan itu berdasarkan keterangan yang dihimpun ”Samin News”, pagunya saja lebih dari Rp 3 miliar yang bersumber dari bantuan APBN. Sedangkan jumlah fasilitas kios berukuran 2 X 3 sebanyak 10 unit dan satu los konstruksi baja akan menampung tidak kurang dari 100 pedagang, harapannya para pedagang yang selama ini berjualan di pinggir jalan tersebut bisa dipindahkan ke dalam los tersebut.

Selama, sudah tidak ada lagi pedagang yang berjualan di luar lokasi fasilitas yang disediakan, maka para pengunjung tetap belanja kepada bakul yang berjualan di tempat yang disedikan. Bahkan jika fasilitas tersebut sudah selesai dikerjakan, maka bisa dibuka akses jalan di belakang dari jalan raya Pati-Purwodadi masuk ke dalam lingkungan pasar yang terletak di bagian belakang tersebut.

Lokasi bagian belakang Pasar Kayen yag kini untuk lokasi fasilitas tambahan kios dan los baru.

Terlepas dari hal tersebut, salah seorang personel lapangan rekanan yang bersangkutan, Yanto menuturkan bahwa tahap awal dimulainya pekerjaan tersebut pihaknya harus memasang pacang dari beton K 500, masing-masing panjang 6 meter. Tiap titik harus ditanam pada kedalaman 24 meter, karena titik tersebut harus berisi empat batang tiang pancang.

Hal itu mengingat lokasinya dahulu adalah areal persawahan, sehingga hal-hal terkecil akan timbulnya risiko konstruksi harus benar-benar diperhitungkan oleh pihak perencana. Dengan demikian, rekanan pelaksana harus memenuhi ketentuan tersebut karena tiap titik lokasi tiang pacang nanti adalah sebagai tumpuan tiang baja untuk konstruksi los yang harus menyangga bagian kerangka atap dari bahan meterial yang sama.

Di sisi lain, jumlah seluruh titik masing-masing pada sisi kiri dan kanan adalah sebanyak 13 sehingga jumlah seluruhnya ada 26 titik. ”Jika tiap titik harus diperkuat dengan empat pancang beton, maka jumlah seluruh pancang mencapai 104 batang, dan kini tinggal memasang atau meyelesaikan pada 7 titik,” imbuhnya.