Peringati Tahun Baru Hijriyah dan HUT RI, Lazismu Pati Bantu Anak Yatim Hingga Bedah Rumah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Lembaga Amil Zakat Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pati memperingati Tahun Baru Hijriyah 1443 dan HUT RI ke-76 Tahun 2021 dengan aksi berbagi kepada anak yatim hingga memberikan beasiswa pendidikan.

Acara tersebut bertajuk “Santunan Yatim, Bantuan UMKM, Bakti Guru, Bedah Rumah, dan Beasiswa Pendidikan yang diselenggarakan Masjid Moch Dahlan, Kompleks PDM Kabupaten Pati. Adapun rangkaian kegiatan dimulai Jumat (20/8) untuk santunan yatim.

Kemudian dilanjutkan Selasa (24/8) kemarin pukul 13.00 WIB dengan kegiatan penyerahan Bantuan UMKM, Bakti Guru, Bedah Rumah dan Beasiswa Pendidikan.

Ketua Badan Pengurus (BP) Lazismu Pati, Wahid Hidayat Aly menuturkan pihaknya tidak memandang latar belakang yang bersangkutan, namun semua masyarakat yang membutuhkan wajib dibantu. Bahkan, non Muslim pun jika butuh layak untuk kita ulurkan tangan.

“Lazismu tidak sekedar menolong yang intern Muhammadiyah saja, tetapi juga masyarakat secara meluas, bahkan yang non muslim juga,” katanya.

Ia melaporkan jumlah tasharuf santunan dan bingkisan sembako untuk 30 anak yatim dengan total Rp 5.000.000, santunan dhuafa Rp 7.500.000, bantuan UMKM berupa gerobak usaha, mesin cuci, alat penggorengan, banner usaha untuk 8 pengusaha mikro dengan total Rp 18.000.000.

Selanjutnya, Lazismu memberikan 4 beasiswa pendidikan sang surya  dan 2 mentari dengan total Rp 12.300.000, Bakti Guru senilai Rp 4.400.000, Bedah rumah total Rp 20.000.000.

Hingga total keseluruhan mencapai Rp 67.200.000 yang diberikan kepada penerima. Dalam acara tersebut dihadiri Badan Pengurus Lazismu Pati, PDM Pati, PDA Pati, DinkopUMKM, Muzzaki/Munfiq (orang yg berzakat/berinfak di Lazismu Pati secara rutin).

Juga 30 anak yatim, 8 pengusaha UMKM, 4 beasiswa sang surya, 1 orang bakti guru sebagai perwakilan, 1 keluarga bedah rumah.

Sementara Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati, H. Muh Asnawi bahwa Muhammadiyah dari dulu berkomitmen bergerak pada aspek pendidikan hingga aksi peduli masyarakat.

“Muhammadiyah terus berkomitmen untuk menolong masyarakat tanpa memandang ras dan agama,” ujar Asnawi.

Kegiatan Lazismu Pati ini, mendapat apresiasi dari Dinkopumkm. Di tengah kesulitan sekarang ini Lazismu turut serta berperan dalam dampak pandemi.

“Berterima kasih atas keterlibatan Lazismu Pati untuk memberdayakan usaha UMKM di tengah pandemi ini,” ucap Kabid UMKM pada Dinkopumkm, Hendri Kristiyanto.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Diduga Jadi Tempat Prostitusi Terselubung, Karaoke di Batursari Batangan Ditutup
Next post TBM Omah Buku Kosmasari Sosialisasi Kampung Literasi di Dinas Arpusda
Social profiles