Pedagang Pasar Puri Baru Sambut Positif Uji Coba Pasar Sehat

0
40

SAMIN-NEWS.com, PATI – Salah seorang pedagang Pasar Puri Baru, Istiuji menyambut baik terhadap uji coba pasar sehat oleh pemerintah Kabupaten Pati. Uji coba pasar sehat ini merupakan suatu pengaturan lokasi lapak antar pedagang, sehingga tidak mengakibatkan kerumunan masyarakat.

“Saya lebih seneng dengan seperti ini mas, kalau ada jarak seperti ini rasanya nyaman,” ungkap Istiuji pedagang pasar puri baru (sore), Jumat (6/8/2021).

Sebelum diterapkan pasar sehat oleh pemerintah di lingkungan Pasar Puri Baru, (pasar sore) baik jarak antar pedagang maupun pengunjung cukup berdekatan. Hal ini yang diantisipasi oleh pemerintah guna mewaspadai peningkatan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Istiuji menambahkan, pihaknya mengaku dengan pengaturan jarak antar lapak pedagang maka semakin lebar. Dan hal ini menjadikan rasa kenyamanan tersendiri baginya.

“Biasanya meski gak berdempetan ketat, tetapi kalau seperti ini jaraknya lebih lebar jadi nyaman,” imbuhnya.

Ditanya apakah ada pengaruhnya terhadap omset penjualan dengan dagangannya, ia mengaku tidak berpengaruh sama sekali. “Peraturan ini gak ada pengaruhnya sama penjualan. Gak ada,” ujar Istiuji.

Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) melaksanakan uji coba pasar sehat di Pasar Puri Baru sebagai pilotnya. Adapun nantinya, Disdagperin berencana mengembangkan uji coba serupa agar diterapkan di pasar-pasar tradisional lainnya di wilayah Pati.