Mahasiswa IAIN Kudus PPL Seraya Mondok di Ponpes Shofa Az Zahro

0
34
Saat berlangsung kegiatan PPL oleh mahasiswa IAIN Kudus di Ponpes Shofa Az Zahro

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak dua belas mahasiswa IAIN Kudus menjalankan salah satu tugas kuliahnya yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Ponpes Shofa Az Zahro’, Gembong. Bahkan, tak hanya saat kegiatan PPL berlangsung, melainkan mereka juga tinggal di ponpes tersebut.

Oleh sebab itu, bukan hanya sebatas menjalankan studi terkait PPL. Namun juga membantu kegiatan pengajaran di lingkungan ponpes setempat. Seperti halnya Minggu (8/8) malam, mereka menyelenggarakan mini seminar bertajuk ubudiyah. Pesertanya tentu santri-santri muqim Ponpes Shofa Az Zahro’ (PPSA).

Ahmad Ghufron dan Siti Maghfiroh, pemateri dalam agenda tersebut menyatakan rasa senangnya terhadap proses seminar. Lantaran, saat berlangsung santri merespon dengan baik semacam diskusi dari berbagai sudut pandang.

“Santri cukup antusias, buktinya pada sesi tanya jawab, mereka juga banyak mengajukan pertanyaan. Intinya ada feedback lah,” ungkap Ghufron.

Di samping kegiatan mini seminar, lanjut Ghufron, mahasiswa PPL juga akan menyelenggarakan kegiatan lain untuk memperingati tahun baru hijriyah bagi para santri Ponpes Shofa Az Zahro’.

“Insya allah kami akan menyelenggarakan lomba untuk memperingati tahun baru hijriyah dan hari kemerdekaan,” lanjut Ghufron.

Sementara Gus Faiz Aminuddin, putra pengasuh pondok mengapresiasi penuh kegiatan sejumlah mahasiswa IAIN Kudus tersebut. Menurutnya, dengan mondok (mukim) selain tugasnya selesai juga mendapat pelajaran berharga dengan mengabdi di Ponpes.

“Tugasnya dapat, PPL dapat, juga mendapat barokah mengabdi di Ponpes,” ujar Gus Faiz.