KKN MIT DR ke XII Bagikan Masker di Desa Bendar

0
31
Proses pembagian masker (Dok. KKN MIT DR ke XII/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali diperpanjang dan masuk pada tahap level 4 hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Protokol kesehatan wajib diterapkan.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terpadu Dari Rumah (KKN MIT DR) ke XII UIN Walisongo Semarang melakukan kegiatan pembagian masker kepada masyarakat sekitar yang berada di sekitar Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Minggu (24/07).

Kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk memutus laju penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, sekaligus memberikan himbauan agar masyarakat sekitar selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai intruksi dari pemerintah. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kesadaran warga sekitar KKN akan penggunaan masker yang mana masih menyepelekan dan masih tidak tahu menahu adanya Covid-19 varian terbaru (delta) dan lebih berbahaya dari varian sebelumnya. Sekaligus kurangnya edukasi tentang covid-19.

Ibu Sri, salah satu warga sekitar memberikan respon positif terkait adanya kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN dan bersyukur masih ada orang-orang yang mau mengingatkan warga sekitar pentingnya memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan.

“Alhamdulillah e mbak masih ada yang mau mengingatkan. Kadang warga sini emang sering lupa sama masker. Paling kalau pake masker cuma kalo mau pergi jauh aja, kalo yang dekat-dekat sini gak pada pake masker”, ungkap ibu Sri.

Selain itu, bapak Jasiman, selaku ketua RT 03  di desa Bendar tersebut menjelaskan pada saat penulis memohon izin melaksanakan di wilayah tersebut bahwa sebenarnya sudah ada himbauan dan peringatan untuk selalu menjaga protokol kesehatan terutama memakai masker  akan tetapi banyak dari warga sekitar kurang peduli terhadap himbauan yang diberikan. Beliau berharap dengan adanya pembagian masker sekaligus sosialisasi terkait edukasi tentang Covid-19.

“Semoga dengan adanya kegiatan KKN nya mbak Asna ini bisa membawa dampak positif bagi warga dan juga saya berharap setelah adanya kegiatan ini warga sekitar sini lebih mengutamakan kesehatan dan sadar kalau masker itu penting walaupun bepergian dekat sekalipun”, pungkas nya (ketua RT 03).

Menjadikan masker sebagai prioritas dan kebiasaan merupakan hal yang harus diterapkan dan juga dilakukan oleh setiap orang dalam perjalanan jarak dekat sekalipun. Dan juga pemakaian masker merupakan suatu hal yang tanpa disadari bisa membawa dampak yang besar bagi kesehatan, seperti memutus laju penularan dan penyebaran Covid-19 terlebih lagi di masa PPKM yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021.

Pengirim : Asna Nur Fadlilah