Facebook Disebut Ingin Intip Isi Pesan Whatsapp

0
9

SAMIN-NEWS.com – Belakangan rumor yang menyebut bahwa Facebook kini sedang mencari cara untuk mengintip pesan Whatsapp yang sudah terenkripsi tanpa harus merusak sistem keamanan.

Kabar tersebut dirilis oleh The Information yang menyebut bahwa Facebook kini tengah membentuk tim peneliti kecerdasan buatan bahkan merekrut orang dari Microsoft.

Sebelumnya, Whatsapp seringkali mendengungkan statemen bahwa pesan yang dikirim penggunanya, dilindungi oleh sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung atau end-to-end encryption.

Dalam klaimnya, mereka mengatakan bahwa sistem tersebut akan melindungi pesan agar tidak bisa diintip pihak ketiga manapun, termasuk internal WhatsApp sendiri, sehingga, pesan hanya bisa dibuka dan dibaca oleh pengirim dan penerima saja.

Oleh karenanya, kabar yang dirilis The Information tersebut kini tentu mebuat beberapa orang sedikut bepikir ulang.

Sebab kabarnya tim tersebut kabarnya akan bertugas untuk mencari cara baru untuk menganalisis data yang terenkripsi tanpa harus melakukan dekripsi (mengurai) data.

Apabila kabar itu benar di masa yang akan datang, citra Facebook dan anak-anak perusahaannya akan semakin dipertanyakan, terutama soal isu privasi. Sebab dalam beberapa tahun terakhir, Facebook Inc kerap diterpa isu privasi.