Mengisi Waktu Liburan Siswa di ERA Pandemi dengan Kegiatan Positif

0
46
dok. istimewa

MEMASUKI liburan kenaikan kelas dan tahun kedua di era Pandemi Covid 19 ini, banyak siswa yang menghabiskan waktunya tanpa arti. Mereka banyak yang menggunakan untuk bermain sepanjang waktu, bermain game,bermain  HP,atau tidur tiduran lebih lama, hingga anak yang punya jiwa wirausaha ada juga yang mulai mencoba jualan secara online, membuka angkringan, ataupun bekerja di beberapa kedai kopi/ cafe. Beragam kegiatan yang dilakukan siswa kadang juga membuat orang tua bingung bagaimana mengarahkan anaknya dengan situasi pandemi yang kian merebak ini. Untuk itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh siswa supaya dapat kerasan dirumah dan kegiatannya tidak menjemukan serta bersifat positif, diantaranya dengan

  1. Mengembangkan hoby berkaitan dengan Perencanaan Karier dirumah .

Hoby yang dimiliki siswa tentu saja beragam. Namun disini kita khususkan dengan hoby yang berkaitan dengan pengembangan karier sesuai dengan bakat dan minatnya. Anak yang hobinya senang dengan tanaman, atau bidang Pertanian bisa membuat taman di pekarangan,menanam bunga, buah atau sayuran sesuai dengan keinginannya. demikian juga yang suka bidang arsitektur bisa menata perabot yang ada didalam rumah dengan tatanan dan desain interior yang membuat nyaman .

Untuk  siswa yang hoby dibidang seni juga dapat menggunakan liburan dirumah dengan asyik. Apakah dengan menciptakan lagu, atau kreasi tari dll. Jika ini didukung dan di support oleh orang tua dan keluarga, maka liburan kenaikan kelas ataupun belajar secara daring tetap akan efektif dan berdaya guna.

2.  Mengikuti Pelatihan / Kursus/ Bimbingan belajar secara Online .

Selain dengan pengembangan hobi yang berkaitan dengan Karier, di masa Pandemi ini siswa hendaknya mempunyai kesadaran untuk tidak banyak keluar rumah. Jika tidak sangat penting sekali semboyan stay at home akan lebih baik. Dan saatnya anak dapat browsing untuk mengikuti pelatihan/ webinar. Workshop dan kursus kursus lainnya yang dapat untuk menambah pengetahuan bagi dirinya. Hal ini sangat berguna sekali, apalagi kalau kursus / pelatihannya ada sertifikatnya. Kursus ini banyak ragamnya, missal yang berkaitan dengan pengembangan Kepribadian, menyeimbangkan otak kanan dan kiri dll.

3.  Menikmati Waktu Bersama Keluarga

Keluarga merupakan satu kesatuan yang utuh. Antara satu dengan lainnya harus berinteraksi. Jangan sampai suasana rumah tidak menyenangkan karena tidak ada komunikasi yang baik. Untuk itu usahakan bisa akrab dan saling berbagi cerita serta keterbukaan., Diskusikan hal hal yang berkaitan dengan keinginanmu,Apakah soal kelanjutan studi, hingga sampai pada pembiayaan dan lain-lain. Buatlah keluarga menjadi tempat terbaik ,Nikmatilah waktu luang yang sangat berharga untuk berkumpul dan mengobrol bersama keluarga. Dengarkan cerita-cerita menarik yang disampaikan oleh anggota keluarga . dengan demikian pasti akan tercipta keluarga yang harmonis.

4.  Melakukan Olahraga secara teratur.

Luangkanlah waktu sekitar 30 menit minimal setiap harinya untuk berolahraga agar tubuh menjadi bugar , sehat, serta menguatkan system imun , selain itu kita bisa menjadi lebih rileks dan fresh.

5.  Istirahat yang cukup agar Kesehatan tetap terjaga.

Menggunakan HP yang terlalu lama bisa membuat mata menjadi Lelah dan sakit. Demikian juga misalnya waktu lebih sering digunakan untuk aktivitas yang berlebihan. Untuk itu kita harus bisa mengatur waktu dengan sebaik- baiknya, seimbang dan proposional antara kegiatan dan istirahat.

6.  Asupan Gizi dan Vitamin yang cukup untuk menambah Imunitas tubuh.

Upaya yang terakhir agar liburan tetap aman , nyaman dan sehat yaitu dengan menjaga imunitas tubuh dengan maksimal, yaitu dengan asupan gizi dan vitamin yang cukup.

Demikian beberapa hal yang dapat dicoba sebagai upaya menangkal dan mencegah meningkatnya orang yang terpapar corona dengan melakukan kegiatan yang positif.

 

Mujiannie, S.Pd.M.Si

Mujiannie, S.Pd.M.Si

Guru BK SMA Negeri 3 Pati