Kelompok Tani Sendang Subur Dadirejo Ajukan Bantuan Ternak

0
108
Tim Survei dari Kementan dan Dispertan Kabupaten Pati saat proses verifikasi Kelompok Tani Sendang Subur Desa Dadirejo, Rabu (2/6).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kelompok Tani Sendang Subur, Desa Dadirejo, Kecamatan Margorejo enam bulan lalu mengajukan bantuan peternakan untuk usaha kelompoknya. Bantuan yang diajukan ini berupa kambing peranakan etawa (PE).

Ketua Kelompok Tani, Suyadi mengatakan pengajuan bantuan ternak tersebut dimaksudkan meningkatkan kesejahteraan kelompok serta masyarakat Dadirejo pada umumnya. Dimana nantinya akan dikelola kelompok agar bisa berkembang lebih besar.

“Untuk mengembangkan usaha tujuannya kesejahteraan kelompok anggotanya. Kemudian, kita mengajukan bantuan ke Kementerian Pertanian,” kata Suyadi kepada Samin News, Rabu (2/6/2021).

Ketua kelompok tani Sendang Subur Desa Dadirejo, Suyadi.

Pihaknya menyebut pengajuan bantuan ternak ini diajukan kepada Kementerian Pertanian (Kementan). Dan Rabu hari ini, tim kementrian beserta Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati telah memverifikasi. Sementara tindaklanjut apakah layak menerima bantuan atau sebaliknya belum diketahui. Pasalnya baru tahapan verifikasi.

Proses verifikasi oleh kementerian ini, lanjutnya terkait kelengkapan dokumen administrasi, dan aset yang dimiliki oleh internal kelompok tani Sendang Subur.

“Bantuan berupa kambing sejumlah 25 ekor jenis PE (peranakan etawa). Pakan serta kandang dari anggota kelompok Tani Sendang Subur,” paparnya.

Kepala Desa Dadirejo, Sukarjo berharap pengajuan ternak kambing ini semoga bisa diacc oleh kementerian. Sebab jika bisa terealisasi, maka akan berdampak positif pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Ada tambahan penghasilan ekonomi anggota kelompok tani Sendang Subur juga usaha kelompoknya bisa berjalan,” ucap Sukarjo.

Di Desa Dadirejo sedikitnya terdapat tiga kelompok tani. Dari ketiganya, pihaknya menyebut telah berjalan dan mempunyai usaha. Di antaranya usaha pupuk juga pengecer pupuk. Dan diusahakan kelompok tani secara bertahap juga diharapkan lebih maju.