Kades Sukoharjo Bakal Aktifkan Kembali Keorganisasian Desa

0
229
Kades Sukoharjo, Harsono.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati  Harsono mengaku akan mengumpulkan warganya terkait pembahasan menghidupkan kembali kegiatan organisasi di desanya. Organisasi ini di antaranya yaitu Karang Taruna, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta memaksimalkan potensi aset desa.

“Inginnya seperti itu, pendapatan Desa Sukoharjo kan dari situ, termasuk dari Pendapatan Asli Desa (PADes),” ucap Harsono di kantornya, Rabu (2/6/2021).

Tujuan dari menghidupkan kembali organisasi desa ini menurutnya untuk kemakmuran masyarakat, memberdayakan masyarakat baik dari kalangan pemuda hingga para pengurusnya.

Kemudian, capaiannya yaitu wilayah Desa Sukoharjo termasuk cukup luas. Oleh karena itu, tentu seperti pulau-pulau kecil terpecah secara geografisnya terdiri dari 8 RW. Sehingga ke depan ada ikatan persatuan yang tercipta.

Misalnya sudah ada organisasi Karang Taruna namun kondisinya mati suri (vakum) tidak ada program kegiatan. “Seperti kemarin pemuda pingin membuat kegiatan, tapi kondisinya sedang mati suri. Pinginnya apakah berlanjut atau ada reorganisasi,” jelasnya.

Tapi pinginnya pengurus ini fresh (baru, red) sebab pengurus sebelumnya antara ada dan tiada. Begitu pula dengan usaha Bumdes dimana usahanya tidak maksimal. Dan saat ini belum tahu terkait dengan laporan.

“Dalam waktu seminggu ke depan ini, kita kumpul kita pingin tahu kondisinya seperti apa, baik kepengurusan karang taruna, Bumdes juga aset desa,” ungkapnya.

Dengan begitu, pengelolaan organisasi dan badan usaha desa akan berkesinambungan dengan dampaknya yaitu upaya meningkatkan kesejahteraan warga melalui pemberdayaan masyarakat.