Atasi Angka Kemiskinan, Pemkab Blora Gandeng IAIN Pekalongan

0
9
Foto bersama setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Blora dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.(Dok. Dinkominfo Blora/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, BLORA – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Blora pada tahun 2020, angka kemiskinan di Kabupaten Blora justru mengalami peningkatan. Untuk itu, salah satu langkah yang diambil Bupati Blora Arief Rohman dalam menyikapi hal tersebut adalah dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Beberapa perguruan tinggi telah telah diajak kerja sama dan meneken kesepakatan bersama. Mulai dari UIN Walisongo Semarang, UT Semarang, dan PEM Akamigas Cepu.

Yang terakhir, Bupati Arief Rohman baru saja melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Blora dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Senin (31/5/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Arief menyampaikan harapan agar IAIN Pekalongan bisa mengambil bagian untuk bersama-sama menanggulangi berbagai problem yang sedang dihadapi oleh Kabupaten Blora.

“Peningkatan SDM menjadi salah satu kunci penanggulangan kemiskinan. Syukur kalau nanti IAIN Pekalongan bisa memberikan beasiswa kuliah untuk anak Blora, teknisnya siap kita diskusikan bersama. Termasuk kemungkinan membentuk Desa Binaan dan pelaksanaan KKN Tematik,” tuturnya.