Relawan Budha Tzu Chi Kembali Salurkan Bantuan Beras dan Ribuan Masker

0
91
Serah terima bantuan beras dan masker kepada desa yang warganya menerima bantuan tersebut dari Budha Tzu Chi Indonesia Korwil Jateng, Korlap Pati, di Desa Wonosekar, Kecamatan Gembong.(Foto:SM/dok-nyo)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari ini, Minggu (9 Mei) 2021 para relawan Budha Tzu Chi Korlap Pati, kembali menyalurkan bantuan beras dan ribuan masker warga. Hal tersebut merupakan lanjutan bantuan yang sama beberapa waktu lalu, baik untuk warga di Pati, Juwana, dan Tayu.

Akan tetapi, relawan yang hari ini mulai bergerak ke tempat warga sasaran penerima bantuan. adalah Agus Susanto dan kawan-kawan. Yakni, ke beberapa desa di wilayah Kecamatan Gembong, di mana masing-masing warga mendapat alokaai bantuan beras sebanyak 10 kilogram dan 20 lembar masker.

Khusus bantuan yang disebut terakhr, papar Agus Susanto, hendaknya benar-benar dimanfaatkan secara maksimal, sehingga warga pun hendaknya jangan abai. Akan tetapi, harus menerapkan protokol kesehatan (prokes), satu di antaranya adalah memakai masker.

Tujuannya tak lain, agar jika sewaktu-waktu melakukan kontak dekat dengan orang yang terpapar Covid-19 tapi tidak memakai masker, masih mempunyai pertahanan untuk tidak ikut-ikutan terpapar. ”Apalagi, masa pandemi Covid-19 ini sama-sama belum tahu kapan berakhirnya,”ujarnya.

Penyerahan bantuan beras dan masker secara simbolis kepada warga Desa Wonosekar, Kecamatan Gembong yang menerima.(Foto:SN/dok-nyo)

Berkait pemberian bantuan beras, lanjut Agus Susanto, pihaknya bertugas menyalurkan di lima desa, di wilayah Kecamatan Gembong. Masing-masing di Desa Gembong untuk 67 orang atau sebanyak 67 sak, masing-masing berisi 10 kilogram sehingga seluruhnya sebanyak 670 kilogram, dan di Desa Wonosekar untuk 50 orang atau sebanya 500 kilogram.

Selebihnya, untuk Desa Bageng sebanyak 23 orang atau 230 kilogram, dan Desa Plukaran sebanyak 30 orang atau 300 kilogram. ”Satu lainnya adalah Desa Bremi juga untuk 30 orang atau sebanyak 300 kilogram,”imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang relawan Budha Tzu Chi Korlap sama di Juwana, Ny Lilis menuturkan , untuk Senin (10/Mei) 2021 besok pihaknya bersama para relawan lainnya juga akan menyalurkan sebanyak 10.000 ton beras dan 20.000 masker kepada  warga 20 desa, di Kecamatan Pucakwangi. Masing-masing, kepada 20 orang warga Tegalwero dengan alokasi tiap warga 10 kilogram, Mencon (40 orang), dan Jetak (15 orang).

Selain itu Desa Triguno (40 orang), Pelemgede (40 orang), Karangrejo (15 orang), Tanjungsekar (35 orang), Mojoagung (36 orang), Sokopuuhan (55 orang), dan Plosorejo (20 orang). Berikutnya Desa Bodeh (25 orang), Sitimulyo (100 orang), Terteg (40 orang), Grogolsari (20 orang) dan Kepohkencono (125 orang).

Relawan Budha Tzu Chi Indonesia Korwil Jateng Korlap Pati saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga yang menerima, di Desa Wonosekar, Kecamatan Gembong.(Foto:SN:dok/nyo)

Adapun desa lainnya, adalah Lumbungmas (70 orang) per orang per sak isi 10 kilogram, Kletek (55 orang), dan Pucakwangi (154 orang). ”Selebihnya masih ada Desa Karangwotan (75 orang), dan desa yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Todanan, Blora, yaitu Desa Wateshaji (20 orang).

Terpisah Camat Pati, Drs Didik Rusdiartono, Senin (10/Mei) 2021 besok sekitar pukul 10.00 juga menyalurkan bantuan 56 paket beras dan 1.120 lembar masker kepada warga. ”Bantuan dari Korwil Budha Tzu Chi Jawa Tengah Korlap Pati itu, akan kami serahkan kepada warga di Kelenteng Hok Tik Bio Pati”,

Oleh Eddy Siswanto dari Budha Tzu Chi Indonesia Korwil Jawa Tengah, Korlap Pati menambahkan  untuk bantuan lainnya yang disalurkan adalah beras sebanyak 11 ton dan 22.000 masker. Masing-masig untuk wilayah Kecamatan Tayu, Dukuhseti, Gunungwungkal, Cluwak dan Kecamatan Margoyoso.

Untuk bantuan lainnya juga disalurkan di wilayah Kecamatan Juwana berupa beras sebanyak 5 ton dan 1.000 masker, dan Kecamatan Pati Kota 9 ton serta 18.000 masker. Bantuan berikutnya akan segera menyusul di buan ini (Mei) pula sebanyak 20 ton beras dan 40.000 masker.

”Rencana penyaulran untuk Kecamatan Margorejo, Jaken, Jakenan, dan Kecamatan Batangan,”jelasnya.